
(2) Eka Komalasari

(3) Raihana Raihana

(4) Aurora Anindita Amjad

(5) Ratna Anggraini

*corresponding author
AbstractRumah Tahfizd Qur’an Al-Mahirah memiliki peran penting dalam aspek sosial kemasyarakatan dan aspek produksi,.dari aspek sosial kemasyarakatan kontribusinya cukup besar dalam membentuk generasi Qur’ani. Tujuan yang hendak dicapai dalam program pemberdayaan kemitraan masyarakat yang berbasis kinerja IKU merupakan kegiatan penguatan Rumah Tahfizd Al-Mahirah bertujuan mendukung pendidikan keagamaan berbasis karakter serta mendorong kemandirian ekonomi. Program ini sejalan dengan Asta Cita, khususnya dalam penguatan SDM, pendidikan, peran perempuan dan pemuda. Kegiatan ini juga mendukung pembangunan dari bawah dalam rangka pemerataan ekonomi dan pengentasan kemiskinan. Mitra kegiatan ini adalah Rumah Tahfizd Qur’an Al-Mahirah yang didirikan oleh Bapak Indra Bastian sebagai wadah pembelajaran Al-qur’an yang berlokasi di Jalan Mutiara Sari No. 7B Tangkerang Selatan-Pekanbaru. Tahapan program ini meliputi : sosialisasi, pemberian bantuan, pelatihan, penerapan teknologi, monitoring dan evaluasi, serta keberlanjutan program. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa mayoritas peserta, sebanyak 65%, sangat memahami tahapan kegiatan, dengan 20% memahami, dan 15 % cukup memahami materi yang disampaikan. KeywordsPemberdayaan; Rumah Tahfizd Qur’an Al-Mahirah; Frozen food; Digitalisasi.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i10.%25p |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Hariyanto R. Menumbuhkan Semangat Wirausaha Menuju Kemandirian Ekonomi Umat Berbasis Pesantren (Studi Kasus Di PP Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan). NUANSA J Penelit Ilmu Sos dan Keagamaan Islam. 2017;14(1):185
Yulherniwati, Deni Satria, Rika Idmayanti, Ikhsan Yusda H. PKM Web Profil Untuk Rumah Tahfizh Di Kota Padang. J Pengabdi dan Pengemb Masy PNP. 2020;2(2):40–41
Budi MHS, Richana SA. Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri di Pesantren. Dirasah J Stud Ilmu dan Manaj Pendidik Islam [Internet]. 2022;5(1):167–80. Available from: http://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/455
Zulfitria. Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Nat J Kaji Penelit Pendidik dan Pembelajaran. 2017;1(2):124–34.
Amalia H, Retnasari T, Rachmawati S. Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Pelayanan Akademik Rumah Tahfidz Dan Tpq Sakinah Cipayung Jakarta Timur. J Abdimas BSI J Pengabdi Kpd Masy. 2020;3(2):228–35.
Alifatin SR. Strategi Pengelolaan Rumah Tahfidz Al- Qur ’ an Di Rumah Tahfidz Intensive Center Medan. 2024;4(7):12850–60.
Rosmayani R, Mardatillah A. Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Berbasis Inovasi dan Kearifan Lokal Pada Usaha Kecil dan Menengah Makanan Tradisional di Pekanbaru. Din Lingkung Indones. 2021;8(2):123.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.