
(2) M. Asdi Nurkholis

(3) M. Rasyid Ridha

(4) Alin Safaraz Himam

(5) Banna Irfan Ibadillah

*corresponding author
AbstractBagi setiap orang tua, memberikan pendidikan dan pengasuhan kepada anak secara ideal merupakan wujud investasi yang kelak akan berdampak positif baik bagi anak, maupun para orang tua. Namun, di era saat ini, banyak di antara para orang tua yang memiliki kepadatan aktivitas hingga hampir tidak ada waktu untuk mendampingi anak-anak. Oleh karena itu, kehadiran ruang edukatif terpadu dapat menjadi salah satu solusi alternatif agar anak-anak tetap memperoleh fasilitas pendidikan dan pengasuhan di tengah kesibukan orang tua. Pengembangan ruang edukatif terpadu “Bintang Ceria Educare (BCE)” menggabungkan konsep pendidikan dan pengasuhan anak usia dini di lingkungan Muhammadiyah. Kehadiran BCE merupakan wujud pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk menjawab persoalan penitipan anak-anak bagi para orang tua yang sibuk berkegiatan di Muhammadiyah. Kegiatan ini tidak hanya berhasil memancing kognitif, afektif, maupun psikomotorik anak. Namun, kegiatan ini sekaligus menjadi dukungan bagi para orang tua agar tetap dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan Muhammadiyah tanpa harus khawatir terhadap pengasuhan anak-anak. Adapun tahap pelaksanaan pengabdian masyarakat ini terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan evaluasi. KeywordsRuang edukatif terpadu, Pendidikan anak, Pengasuhan anak, Muhammadiyah
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i9.3636-3634 |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Aksoy, P. & Baran, G. (2020). The Effect of Story Telling-Based and Play-Based Social Skills Training on Social Skills of Kindergarten Children: An Experimental Study. Education and Science, 45(204), 157 – 183.
Bei, Y. T., Ching, P. J., Khair, N. S. (2021). The Effectiveness of the Lego® Bricks Play in Improving the Social Interaction of Children with Autism. SSRN Electronic Journal. 56 – 85. DOI:10.2139/ssrn.4835671.
Celik, B. (2020). A Study on the Factors Affecting Reading and Reading Habits of Preschool Children. International Journal of English Linguistics, 10(1), 101 – 114.
Dasopang, M. D., Lubis, A. H., Dasopang, H. R. (2022). How do Millennial Parents Internalize Islamic Values in Their Early Childhood in the Digital Era? Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(1), 697 – 708. DOI: 10.35445/alishlah.v14i1.1062.
Harahap, F., Siregar, R., Lubis, J. N. (2023). Bermain Pasir Kinetik untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini), 7(5), 5931 – 5941.
Hardiyanti, Dwi. (2020). Apakah Kualitas Penitipan Anak Itu Penting? Sebuah Gambaran Perkembangan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 1(1), 1 – 7. https://doi.org/10.31331/Jsc.v1i1.1187.
Indramawan, A. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Keluarga Bagi Perkembangan Kepribadian Anak. Jurnal Komunikasi Islam, 1(1), 109 – 119.
Jarbi, M. (2021). Tanggung Jawab Orang Tua terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendais, 3(2), 122 – 140.
Jumiyati, Priyantoro, D. E., & Hasanah, U. (2023). Implementation of Coloring Activities Early Childhood in Developing Fine Motor Skills. Journal of Childhood Development, 3(1), 1 – 12. https://doi.org/10.25217/jcd.
Kaya, I. & Deniz, M. E. (2020). The Effects of Life Skills Education Program on Problem Behaviors and Social Skills of 4-Year-Old Preschoolers. Ilkogretim Online - Elementary Education Online, 19(2), 612 – 623. doi:10.17051/ilkonline.2020.692983.
Mulyana, A. & Nurcahyani, N. (2022). The Effect of the Puzzle Playing Method on Improving the Cognitive Development of Children Aged 4-6 Years. KnE Life Sciences. February Edition, 542–548.DOI: 10.18502/kls.v7i2.10354.
Puspytasari, H. H. (2022). Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter bagi Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1 – 10.
Putri, S. S. & Wiyani, N. A. (2021). Pengembangan Kompetensi Guru di Taman Penitipan Anak Sekar Purbalingga. JURNAL ASGHAR, 1(1), 59 – 81.
Suparmiati, Latiana, L. & Kustiono. (2022). Pengembangan Layanan Taman Penitipan Anak Holistik Integratif Berbasis Alam. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3013-3023. DOI: 10.31004/obsesi.v6i4.2269.
Tersi, M. & Matsouka, O. (2020). Improving Social Skills through Structured Playfulness Program in Preschool Children. International Journal of Instruction, 13(3), 259 – 274. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13318a
Khusnidakhon, K. (2021). The Importance of Enhancing Social Skills of Preschoolers. European Scholar Journal (ESJ), 2(3), 74 – 78.
Luen, L. C. (2024). Engaging Play and Toys Foster the Development of Multiple Intelligence in Preschool Children, International Journal of Academic Research In Business And Social Sciences, 14(2), 2155 – 2162. DOI:10.6007/IJARBSS/v14-i2/21011.
Ulummiyah, F. N. & Diana (2024). Kontribusi Tempat Penitipan Anak dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Anak. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(3), 828 – 838. DOI: 10.31004/aulad.v7i3.771.
Wahyuningtyas, D. P. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan dalam Menitipkan Anak di Taman Penitipan Anak (TPA), Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 103 – 116. DOI: 10.29240/zuriah.v3i2.5737.
Zimmer-Gembeck et al. (2022). Parent emotional regulation: A meta-analytic review of its association with parenting and child adjustment. International Journal of Behavioral Development, 46(1) 63–82. DOI: 10.1177/01650254211051086
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.