PELATIHAN PENGGUNAAN PLATFORM SUMBER BACAAN ELEKTRONIK DAN PERJENJANGAN BUKU SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR

(1) Abdul Muktadir Mail (Universitas Bengkulu, Indonesia)
(2) Endang Widi Winarni Mail (Universitas Bengkulu, Indonesia)
(3) Gumono Gumono Mail (Universitas Bengkulu, Indonesia)
(4) * Atika Susanti Mail (Universitas Bengkulu, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Literasi merupakan fondasi utama dalam proses pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan. Untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkan ketersediaan dan pemanfaatan sumber bacaan yang bervariasi, menarik, dan sesuai dengan jenjang kemampuan membaca siswa. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan literasi peserta didik melalui penguatan kompetensi guru dalam mengakses dan memanfaatkan platform sumber bacaan elektronik serta menerapkan strategi perjenjangan buku. Pelatihan dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif dan praktik langsung melalui tahapan analisis kebutuhan, pelatihan, pelaksanaan tindakan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kapasitas guru, baik dari aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap terhadap literasi digital. Berdasarkan hasil angket evaluasi, pemahaman literasi digital memperoleh skor rata-rata 90%, pemahaman perjenjangan buku sebesar 85%, dan keterampilan penggunaan aplikasi seperti Budi Kemdikbud, Let’s Read, dan Literacy Cloud mencapai 87%. Selain itu, sebanyak 95% peserta menyatakan bahwa materi sangat relevan dan mudah dipahami, sementara 90% menyatakan merasa siap untuk mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran di kelas. Temuan ini menegaskan bahwa pelatihan yang diberikan tidak hanya bersifat teoritis, tetapi juga aplikatif dan berdampak langsung pada peningkatan kualitas praktik pembelajaran. Saran dari kegiatan ini adalah perlunya pelatihan lanjutan dan pendampingan berkelanjutan agar implementasi literasi digital dan perjenjangan buku dapat berjalan secara konsisten dan efektif. Implikasi dari kegiatan ini menunjukkan bahwa integrasi platform bacaan elektronik dan strategi perjenjangan buku berpotensi menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan mutu pembelajaran literasi di tingkat sekolah dasar.

Keywords


literasi digital, sumber bacaan elektronik, perjenjangan buku, pelatihan guru, sekolah dasar.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i10.3781-3795
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Amanda, D., Isrok’atun, I., & Julia, J. (2023). Implementasi Perjenjangan Buku dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik di SDN Sanghiang. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2199–2208.

Ariffiando, N. F., Susanti, A., Dalifa, D., & Darmansyah, A. (2025). Pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran berdiferensiasi teaching at the right level dan culturally responsive teaching kurikulum merdeka pada guru sekolah dasar. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(4), 1529-1539.

Armbruster, B. B., Lehr, F., & Osborn, J. (2003). A Child Becomes a Reader:. National Institute for Literacy.

Chalim, S., & Anwas, E. O. M. (2018). Peran orangtua dan guru dalam membangun internet sebagai sumber pembelajaran. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 33–42.

Fatmawati, E. (2023). Perencanaan dasar dalam mengukur kajian indeks pembangunan literasi masyarakat (iplm) dan indeks literasi masyarakat (ilm). Iqra: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 17(1), 172–205.

Fountas, I. C., & Pinnell, G. S. (2017). Guided reading: Responsive teaching across the grades. Heinemann Portsmouth, NH.

Gilster, P., & Glister, P. (1997). Digital literacy. Wiley Computer Pub. New York.

Gushmanida, G., Mustadi, A., Nugroho, I. A., Kusumo, G., & Mapandi, R. D. (2025). Digital Literacy: Thinking Critically About Language Skills in the Digital Age. Studies in Learning and Teaching, 6(1), 87–96.

Hanemann, U. (2015). Lifelong literacy: Some trends and issues in conceptualising and operationalising literacy from a lifelong learning perspective. International Review of Education, 61(3), 295–326.

Harisanty, D., Anugrah, E. P., Kurniasari, Y., Stridaniswari, A. N., & Fatchurahman, B. (2025). MENGASAH KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI DENGAN PERMAINAN EDUKASI. Airlangga University Press.

Kemendikbud. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) 2019. Jakarta : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kern, R. (2000). Literacy and language teaching. Oxford University Press.

Knowles, M. (1984). The adult learning: A neglected species. Houston: Gulf Publishing Company.

Kurniawan, S. (2025). LITERASI DIGITAL UNTUK ABAD KE-21. Pustaka Aksara.

Leu, D. J., Forzani, E., Rhoads, C., Maykel, C., Kennedy, C., & Timbrell, N. (2015). The new literacies of online research and comprehension: Rethinking the reading achievement gap. Reading Research Quarterly, 50(1), 37–59.

Lewis, N., & Bryan, V. (2021). Andragogy and teaching techniques to enhance adult learners’ experience. Journal of Nursing Education and Practice, 11(11), 31–40.

McDougall, J., Readman, M., & Wilkinson, P. (2018). The uses of (digital) literacy. Learning, Media and Technology, 43(3), 263–279.

Muktadir, A., Winarni, E. W., & Susanti, A. (2024). Training on developing interactive student worksheets using Liveworksheets application to enhance creative thinking skills. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 20(2), 425–437.

Munadzifah, M., & Fradana, A. N. (2025). Efektivitas Literasi Digital untuk Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 938–954.

Nicholas, M., Veresov, N., & Clark, J. C. (2021). Guided reading–Working within a child’s zone of proximal development. Learning, Culture and Social Interaction, 30, 100530.

Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195.

OECD. (2023). PISA 2022 Results. In Factsheets: Vol. I. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en%0Ahttps://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/germany-1a2cf137/

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2020). Rencana Strategis Perpustakaan Nasional 2020-2024. Perpustakaan Nasional.

Rafi, M., JianMing, Z., & Ahmad, K. (2019). Technology integration for students’ information and digital literacy education in academic libraries. Information Discovery and Delivery, 47(4), 203–217.

Renaningtias, N., Susanti, A., Mirzana, B., Prasetyo, C., & Lestari, D. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Literasi Numerasi Melalui Pelatihan Penggunaan Website Google Sites bagi Guru Komunitas Belajar. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 2344-2355.

Richards, J. C., & Lockhart, C. (1994). Reflective teaching in second language classrooms. Cambridge university press.

Safitri, F., Ramlah, R., Sandy, W., & Siregar, A. C. (2025). Literasi Digital dalam Dunia Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Saputra, A. M. A., Kharisma, L. P. I., Rizal, A. A., Burhan, M. I., & Purnawati, N. W. (2023). TEKNOLOGI INFORMASI: Peranan TI dalam berbagai bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina, N. (2019). Indeks aktivitas literasi membaca 34 provinsi. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.

Sulianta, F. (2020). Literasi digital, riset dan perkembangannya dalam perspektif social studies. Feri Sulianta.

Susanti, A., Dalifa, D., Melisa, M., & Yolanda, F. (2022). Pendampingan penerapan literasi budaya dan kewargaan berbasis GLS untuk mengembangkan civic engagement siswa di SDN 88 Kota Bengkulu. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 11(2), 147–160.

Susanti, A., Darmansyah, A., & Pujiastuti, P. (2023). The Hand Puppet Book: The Multicultural-Based Media Developed as Literacy Materials for 4th Grade Students. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(2), 346-360.

Syafrial, H. (2023). Literasi digital. Nas Media Pustaka.

Wahyuni, L. (2020). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogi). Universitas Brawijaya Press.

Zulaichah, L., Ekawati, R., & Kusumaningrum, S. R. (2025). Efektivitas Literacy Cloud dalam Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Membaca Siswa SD: Studi Kasus di SDN Percobaan 2 Malang. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 102–110.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.