
(2) Israhq Fauziah

(3) Winda Agustin

(4) Niswa Auliya Lubis

(5) Luthfia Masfa Nur

*corresponding author
AbstractPenelitian ini menganalisis peran program pemberdayaan yang dilakukan oleh tim KKN 78 UINSU dalam meningkatkan pemahaman tentang moderasi agama di Desa Bunuraya, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo. Moderasi agama, yang merupakan konsep krusial dalam memelihara keharmonisan sosial di Indonesia yang beragam, sering kali diterapkan secara spontan oleh masyarakat, tetapi kurang dipahami secara mendalam. Kajian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh dari berbagai aktivitas pemberdayaan, termasuk diskusi keagamaan dan sosialisasi tentang toleransi, terhadap peningkatan pemahaman dan penerapan moderasi beragama. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa program-program tersebut berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya moderasi beragama, memperkuat hubungan antar anggota masyarakat, dan menciptakan kondisi sosial yang lebih harmonis. Program ini juga membantu warga untuk lebih siap dalam menghadapi tantangan informasi radikal yang berasal dari media sosial. KeywordsModerasi Beragama, Aktivitas Pemberdayaan
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i10.3692-3701 |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia: Religious Moderation in Indonesia's Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45-55.
Elhefni, E., Alihawanah, Syarifuddin, A., Handayani, T., Nurlaeli, Hamzah, A., Husni, M., Dwi Saputra, A., Safitri, R., & Fadhilah, D. P. A. (2024). Penguatan Moderasi Beragama Melalui Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kearifan Lokal Sedekah Pedusunan. Taawun, 4(01), 66–77.
Fadli, M. R., & Syafi'i, A. (2022). Peran Pemerintah Desa dalam Menguatkan Moderasi Beragama melalui Program Pemberdayaan. Jurnal Sosiologi Agama, 16(1), 45-60.
Lintang, D., & Pahrudin, A. (2023). Penguatan Moderasi dan Toleransi Beragama (Studi Nilai- Nilai Toleransi Pada KKN Kolaborasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UHN I Gede Bagus Sugriwa Bali). Jurnal Penelitian, 17(2), 331. https://doi.org/10.21043/jp.v17i2.23374
Lubis, A., Hadamaean, B., Amran, A., & Siregar, B. G. (2023). MENINGKATKAN KEHIDUPAN MODERASI BERAGAMA. 09(2).
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muaz, M., & Ruswandi, U. (2022). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3194–3203. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.820
Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al- Mu’ashirah, 18(1), 59. https://doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525
Rusmiati, E. T., Alfudholli, M. A. H., Shodiqin, A., & Taufiqurokhman, T. (2022). Penguatan Moderasi Beragama di Pesantren untuk Mencegah Tumbuhnya Radikalisme. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 203–213. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.2162
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (cetakan ke). Alfabeta.
Udilah, A., Toyib, F. R., & Puliono, M. A. (2023). Sosialisasi Dan Penguatan Sikap Moderasi Beragama Di Sekolah Dasar Negeri Besowo 1. 2(02), 9–10.
Yusriyah, Y., & Khaerunnisa, K. (2024). Moderasi Beragama Dalam Perspektif Al-Qur’an. El- Fata: Journal of Sharia Economics and Islamic Education, 2(2), 229–246. https://doi.org/10.61169/el-fata.v2i2.80
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.