PENGUATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN VIDEO STOP MOTION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN STEAM PAUD DAN SD KELAS RENDAH

(1) * Suci Utami Putri Mail (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
(2) Finita Dewi Mail (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
(3) Tia Citra Bayuni Mail (Universitas Pelita Bangsa, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan penguatan kompetensi guru melalui pelatihan Video Stop Motion sebagai media pembelajaran STEAM PAUD dan SD kelas rendah. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan tiga tahapan yakni, tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan metode presentasi, diskusi, workshop, serta pendampingan implementasi media pembelajaran STEAM di kelas. Pelatihan ini melibatkan 10 orang guru dari sepuluh institusi yang berbeda. Sasaran pelatihan adalah guru PAUD dan guru SD kelas rendah dari Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang yang memiliki ketertarikan terhadap media pembelajaran STEAM dengan Video Stop Motion. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa. 1) pembelajaran STEAM di PAUD dan SD kelas rendah dapat dilakukan dengan menggunakan media berbasis digital dengan membuat Video Stop Motion dalam pembelajaran di kelas; 2) kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meningkatkan pengetahuan teori dan pengetahuan praktik mengenai media berbasis teknologi dalam pembelajraan STEAM di PAUD dan SD Kelas Rendah; dan 3) para peserta memberikan penilaian yang sangat baik terhadap kemampuan narasumber dalam memberikan materi dan sangat berharap kegiatan pengabdian ini dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.


Keywords


Video Stop Motion, STEAM, PAUD, SD

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i10.3632-3642
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Adiputra, D. K., & Apriyansa, A. (2021). Application of CTL-based stop motion learning videos for understanding elementary school science concepts in Lebak regency. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012145). IOP Publishing.

Azizah, N., Putri, S. U., & Adjie, N. (2020). Efektivitas penerapan STEAM berbantuan augmented reality untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia 5–6 tahun. RECEP: Research in Early Childhood Education and Parenting, 1(1), 32–42. Retrieved from

Conradty, C., & Bogner, F. X. (2020). STEAM teaching professional development works: Effects on students’ creativity and motivation. Smart Learning Environments, 7(1), 1–20.

Dewi, F., Justicia, R., Putri, S. U., & Citra Bayuni, T. (2025). Bringing stories to life: enhancing early literacy with digital comics and TPACK in pre-service teacher education. Journal of Early Childhood Teacher Education, 1-20.

Filipe, J., Baptista, M., & Conceição, T. (2024). Integrated STEAM education for students’ creativity development. Education Sciences, 14(6), 1–16.

Fitri, D. A. N., & Suryana, D. (2022). Pembelajaran STEAM dalam mengembangkan kemampuan kreativitas anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12544–12552.

Iyanda, R. F., Dewita, R. K., Apriyanti, R., Setiawati, M., & Utama, H. B. (2025). Inovasi Pendidikan Mulalui Kurikulum Merdeka: Upaya Meningkatkan Keterampilan Siswa di Abad ke-21. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan| E-ISSN: 3062-7788, 2(1), 390-394.

Linder, S. M., & Eckhoff, A. (2020). Breaking down STEAM for young children. Retrieved June 21, 2022, from https://www.naeyc.org

Megawati, M., & Sofiroh, M. (2025). Transformasi Pembelajaran Abad Ke-21 Di Sekolah Dasar: Integrasi Literasi Digital Dalam Kurikulum Merdeka. JOURNAL OF EDUCATION FOR ALL, 3(2), 102-111.

Motimona, P. D., & Maryatun, I. B. (2023). Implementasi metode pembelajaran STEAM pada Kurikulum Merdeka untuk PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6493–6504.

Nopiyanti, I., Adjie, N., & Putri, S. U. (2020). STEAM-PBL in early childhood education: Optimization strategies for developing communication skills. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 503, 81–86.

Putri, S. U., & Taqiudin, A. A. (2021). STEAM-PBL: Strategi pengembangan kemampuan memecahkan masalah anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 856–867.

Reaves, J. (2019). 21st-century skills and the Fourth Industrial Revolution: A critical future role for online education. Retrieved from http://www.begellhouse.com

Sa’diah, H., Zulhendri, Z., & Fadriati, F. (2022). Development of learning videos with Kinemaster-based stop motion animations on thematic learning in elementary schools. Journal of Islamic Education Students (JIES), 2(2), 91–101.

Singh, M. (2021). Acquisition of 21st century skills through STEAM education. Academia Letters, (April).

Situmeang, D. E., Hawa, M. M., & Ismail, K. (2021). Pembangunan Berkelanjutan Sdgs 2030 Goals 4 Ensure Inclusive And Equitable Quality Education And Promote Lifelong Learning Opportunities For All" Memastikan Kualitas Pendidikan Yang Inklusif Dan Adil Dan Mempromosikan Kesempatan Belajar Seumur Hidup Untuk. Research Gate, 1-19.

Sudarti, S., & Diana, D. (2023). Penerapan STEAM untuk mengembangkan kemampuan kolaborasi anak usia dini. Jurnal Usia Dini, 9(2), 293–304.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.