
(2) Lisa Fitri Meidipa

(3) Jainal Abidin

(4) Nursaima Harahap

(5) Anis Rahmi

(6) Rini Kesuma

*corresponding author
AbstractPemanfaatan teknologi digital seperti aplikasi desain seperti Canva, dianggap esensial dalam dunia pendidikan saat ini untuk membuat proses pembelajaran lebih atraktif dan relevan bagi siswa. Dengan demikian, penguasaan keterampilan dalam menggunakan alat bantu digital ini menjadi tuntutan bagi para guru. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak guru masih belum memiliki kompetensi yang memadai dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Menanggapi permasalahan ini, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan utama untuk membekali para guru agar mahir dalam merancang Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) interaktif menggunakan Canva. Metode yang diterapkan meliputi penyampaian materi secara presentasi, dilanjutkan dengan pendampingan intensif dalam kelompok kecil, dan diakhiri dengan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini para guru tidak hanya berhasil memperoleh pengetahuan praktis tentang cara mengakses dan menggunakan fitur-fitur dasar Canva, tetapi juga mendapatkan inspirasi kreatif untuk mendesain E-LKPD yang sesuai dengan materi ajar mereka. Kegiatan ini berhasil menumbuhkan motivasi kuat bagi para guru untuk terus mengimplementasikan aplikasi Canva sebagai bagian integral dari kegiatan belajar mengajar di kelas. Keywordscanva, E-LKPD interaktif, transformasi digital, kompetensi guru.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i10.%25p |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Amir, A. (2023). Pemanfaatan Canva dalam Inovasi Pembelajaran Digital. Jurnal Edukasi Teknologi, 11(2), 89-101.
Fauzi, M. (2022). Efektivitas E-LKPD Interaktif Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 45-56.
Hidayat, T., & Susanti, R. (2021). Peran Kurikulum Merdeka dalam Mendorong Kreativitas Guru dan Siswa. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 15(3), 210-225.
Junaidi, J., & Lestari, S. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Era Digital melalui Pelatihan Desain Media Pembelajaran. Jurnal Abdimas Pendidikan, 4(1), 78-90.
Khoiriyah, S. (2022). Transformasi Pembelajaran Abad 21: Kajian Teoritis dan Praktis. Jakarta: Bumi Aksara.
Latif, A. (2020). Tantangan Guru dan Masalah Sosial di Era Digital. JISIP (Jurnal Ilmu Sos dan Pendidikan), 2(1), 1-10.
Setyawan, B. (2023). Panduan Praktis Mendesain LKPD Interaktif dengan Canva untuk Guru. Yogyakarta: Penerbit Media Cendekia.
Suryani, D. (2022). Pemberdayaan Guru melalui Workshop Literasi Digital: Studi Kasus di Kabupaten Sleman. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 145-156.
Yaumi, M. (2013). Ragam Media Pembelajaran: dari Pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Media Multimedia. Jurnal Pendidikan, 5(2), 1-12.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.