PELATIHAN PENGELOLAAN UKS UNTUK OPTIMALISASI SCHOOL-BASED HEALTH CENTRE PONDOK PESANTREN BENER
Abstract
Menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan semua usia adalah salah satu tujuan SDG, termasuk usia sekolah, termasuk santri dan santriwati yang ada di pondok pesantren. Salah satu hal penting yang seharusnya ada dan berfungsi optimal adalah scholl based health centre. Pondok Pesantren Bener Yogyakarta memiliki ruang yang digunakan untuk mengelola santri yang memiliki masalah kesehatan, tetapi pengelolaan dan operasionalnya belum optimal. Dalam rangka mencapai tujuan Kemdikbud untuk meningkatkan derajat kesehatan santri dan memberikan pelayanan kesehatan yang optimal, pengelola UKS seharusnya dilatih. Tujuan PkM ini adalah memberi pelatihan kepada Tim pengelola UKS untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang manajemen pengelolaan UKS yang standar. Pelatihan terdiri dari a) Pelatihan Pengorganisasian dan Pengelolaan Pusat Kesehatan Berbasis Sekolah; b) Pelatihan Petugas UKS; dan c) Memfasilitasi fasilitas UKS. Dalam kegiatan PkM ini, buku saku digunakan sebagai media.Hasil PkM menunjukkan bahwa nilai pre-test rata-rata 5,88 dan nilai post-test rata-rata 6,38. Harapannya, PkM ini dapat ditindaklanjuti dengan rangkaian pengabdian kepada masyarakat lainnya sesuai roadmap dan menghasilkan tujuan santri-santriwati Pondok Pesantren sehat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Hijrah, M. F., Djalaluddin, N. A., Heriyati, A. H., & Hamid, A. (2021). Pemberdayaan OSPI dan Poskestren dalam pencegahan penyakit skabies. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 802–806.
Anita, D. C. (2020). Pembentukan POSKESTREN di Pesantren Tahfidz NURANI INSANI Desa Balecatur Gamping Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat, 3(1), 365–374.
Arenson, M., Hudson, P. J., Lee, N., & Lai, B. (2019). The evidence on school-based health centers: A review. Global Pediatric Health, 6, 2333794X19828745. https://doi.org/10.1177/2333794X19828745
Dunfee, M. N. (2020). School-based health centers in the United States: Roots, reality, and potential. Journal of School Health, 90(8), 665–670.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Petunjuk teknis pembinaan penerapan sekolah/madrasah sehat. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2012). Pedoman pelaksanaan UKS di sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.
Mardiyah, A., Julianti, E., Mareti, S., Maktum, U., & Azmy, R. A. (2024). Pendampingan pelaksanaan program promotif dan preventif Poskestren dalam upaya peningkatan kesehatan. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), 7(11), 4978–4987.
Melizza, N., Kurnia, A. D., & Masruroh, N. L. (2021). Revitalisasi UKS melalui pelatihan dan pembentukan kader di SMP Muhammadiyah 2 Inovasi Malang. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat, 2(2), 86–97.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Menteri Kesehatan RI, Menteri Agama RI, & Menteri Dalam Negeri RI. (2014). Peraturan Bersama Nomor 6/X/PB/2014, Nomor 73 Tahun 2014, Nomor 41 Tahun 2014. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Ningsih, E. S. B. (2021). Penerapan program revitalisasi Poskestren melalui peningkatan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) pada santri/wati di Pondok Pesantren Darul Muttaqin. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 368–375.
Pavletic, A. C., Dukes, T., Greene, J. G., Taylor, J., & Gilpin, L. B. (2016). Health services in boarding school: An oasis (pp. 1–11).
Rizqi, Y. N. K., & Maryati, L. (2024). Pelatihan manajemen UKS dan pendidikan keterampilan hidup sehat untuk mendukung terwujudnya madrasah sehat. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 78–94.
Siregar, F. M., & Sukiandra, R. (2020). Pemberdayaan kader pos kesehatan pesantren (POSKESTREN) dalam penanganan kegawatdaruratan di Pondok Pesantren Jabal Nur Kandis Kabupaten Siak Riau. Engagement: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 469–475.
Soleimanpour, S., Geierstanger, S. P., Kaller, S., McCarter, V., & Brindis, C. D. (2010). The role of school health centers in health care access and client outcomes. American Journal of Public Health, 100(9), 1597–1603.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.2610-2616
Refbacks
- There are currently no refbacks.