IMPLEMENTASI DESIGN THINKING MENGGUNAKAN MIRO UNTUK MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN PELAJAR DI SMKN 7 DENPASAR
Abstract
Pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi aspek penting dalam mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja dan menciptakan peluang usaha mandiri. Artikel ini membahas implementasi pendekatan Design Thinking dengan menggunakan platform Miro dalam pelatihan kewirausahaan bagi siswa SMKN 7 Denpasar. Pelatihan difokuskan pada tiga tahapan utama Design Thinking, yaitu Definisi Masalah, Ideasi, dan Prototipe, dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif siswa dalam merancang solusi bisnis inovatif. Sebanyak 27 siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk menganalisis studi kasus, menghasilkan ide-ide kreatif, serta mengembangkan prototipe solusi bisnis menggunakan fitur interaktif Miro. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep kewirausahaan dan kemampuan praktis siswa dalam mengaplikasikan strategi bisnis yang relevan dan berkelanjutan. Penggunaan Miro memfasilitasi kolaborasi secara real-time dan visualisasi ide yang efektif, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dan kontekstual. Pendekatan ini sejalan dengan kebijakan Kurikulum Merdeka yang mendorong pembelajaran berbasis proyek dan pengembangan kompetensi kewirausahaan secara aplikatif. Dengan demikian, integrasi Design Thinking dan teknologi digital seperti Miro berpotensi menjadi model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan siswa SMK di era digital saat ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alam, H. S., Tri, K., Artani, B., Sudama, I. M., Pendidikan, K., & Indonesia, R. (2024). Penguatan Proyek Kreatif dan Kewirausahaan ( PKK ) Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Negeri 1 Sukawati. 07(03), 292–302.
Canvas, B. M., Bisnis, I., & Bisnis, S. (2024). Dedikasi pkm. 5(3), 636–642. https://doi.org/10.32493/dkp.v5i3.42261
Dam, R. F., & Teo, Y. S. (2018). What is Design Thinking and Why Is It So Popular? Interaction Design Foundation, 1–6. https://www.interaction-design.org/literature/article/what-is-design-thinking-and-why-is-it-so-popular
Magdalena, L., & Septian, W. E. (2023). Pemanfaatan Miro Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Untuk Kolaboratif Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(1), 19–26. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i1.845
McCalley, R., & Eggert, R. (2002). Patterns of Management Power.
Ndruru, Y., Lase, S., Zendrato, N., Belo, Y., & Tangerang, K. (2025). Pentingnya Keterampilan Hidup dalam Mewujudkan Ide-Ide Bisnis yang Inovatif.
Noviyanti, A. A., Prakasa, D. Y., Saldi, S., & Sembadha, S. S. (2024). Berbasis Proyek Smk Wikrama Bogor Menggunakan Human-Centered Design dan Teknologi 3d Printing. Strengthening Project Based Entrepreneurship Learning On Smk Wikrama Bogor Through Human-Centered Design and 3d Printing Technology, 44–52. https://doi.org/10.25105/jamin.v6i1.18875
Triyastuti, N., & Herawati, L. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Sedan. 4(1), 1184–1193.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.2348-2355
Refbacks
- There are currently no refbacks.