DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA PETANI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI DESA MARGAMUKTI

(1) * Asep Kurnia Jayadinata Mail (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
(2) Gia Nikawanti Mail (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
(3) Haliatun Nisa Mail (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
(4) Idat Muqodas Mail (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
(5) Nur Asy-Syifa Jamilah Mail (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
(6) Regina Nurlena Mail (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak pola asuh orang tua petani terhadap perkembangan sosial anak usia dini di Desa Margamukti. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap empat keluarga petani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis dominan diterapkan, melibatkan anak dalam pengambilan keputusan, pembagian tugas sederhana, dan interaksi sehari-hari yang membangun kerja sama, tanggung jawab, serta komunikasi. Pola asuh ini, didukung oleh lingkungan pedesaan, memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan sosial anak, seperti kemampuan berinteraksi, empati, dan kemandirian. Meskipun tantangan berupa keterbatasan waktu dan kesibukan bertani hadir, orang tua tetap berupaya menciptakan lingkungan yang mendukung. Dengan demikian, pola asuh orang tua petani di Desa Margamukti berperan penting dalam membentuk kemampuan sosial anak usia dini yang adaptif dan siap menghadapi tantangan masa depan.


Keywords


Pola Asuh, Perkembangan Sosial, Anak Usia Dini.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i3.1163-1171
      

Article metrics

Abstract views : 1

   

Cite

   

References


Agusniatih, A., & Monepa, J. M. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini "teori dan metode pengembangannya. Jawa Barat: Edu Publisher.

Anisah, A. S. (1997) Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak 70-84.

Baumrind D. 1966 Prototypical descriptions of 3 parenting styles. Psychology.

Candra, A.N., Sofia, A., & Anggraini, G. F. (2017). Gaya Pengasuhan Orang Tua pada Anak usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2).

Dachlan, A. M., Erfansyah, N. F., & Taseman. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Helms, D. B. & Turner, J.S. (1983). Exploring Child Behavior. New York: Holt Rinehartand Winston.

Hurlock, E, B. (1978).“Perkembangan Anak Jilid II Edisi Keenamâ€.PT.Gelora Aksara.

Hurlock, E. B., Terj., M., & Muslishah Zarkasih. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi: keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga (Anggota IKAPI).

Kartono, Kartini. (1986). Psikologi Anak. Bandung: Alumni.

Khadijah, M. A., & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan sosial anak usia dini teori dan strateginya. Merdeka kreasi group.

Marintan Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114

Putri, N. M., Sari, S., Setianingsih, S., & Widjayatri, RR. D. (2021). Character Based-Area Learning Model In Young Children. Journal of Early Childhood Education Papers, 1(1), 1– 11. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jece/article/view/23756

Pangaribuan, T. (2017). The correlation of parenting style with children sosial emotional development in kindergarten school at xaverius 1 Jambi. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 6(1), 22–24. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces/article/view/15782

Robbiyah, R. Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dint, 2011, 74. https://doi.org/10.31004/ohsesi.v211.10.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak (Terjemahan Mila Rahmawati dan Anna Kuswami). Texas: The University of Texas at Dallas.

Wibowo, Y. (2012). Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia.

Membahas pola interaksi orang tua dan anak dalam konteks perkembangan emosional.

Yang, C. (2021). Moral education in mainland China.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.