
(2) Ardana Putri Farahdiansari

*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan literasi baca buku di Desa Klino Sekar serta merumuskan strategi peningkatannya berdasarkan kajian teori dan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi faktor penghambat dan peluang pengembangan literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya literasi di Desa Klino Sekar disebabkan oleh keterbatasan fasilitas baca, kurangnya variasi koleksi buku, lemahnya budaya membaca di keluarga, kendala ekonomi dan geografis, serta minimnya program literasi yang berkelanjutan. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan strategi peningkatan literasi yang meliputi penguatan infrastruktur perpustakaan desa, pengadaan koleksi buku yang variatif dan relevan, pelatihan pengelola literasi, pembentukan komunitas baca berbasis masyarakat, serta kolaborasi lintas sektor untuk mendukung keberlanjutan program. Implementasi strategi ini diharapkan mampu membentuk budaya membaca yang konsisten, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan mendorong kemajuan pendidikan di Desa Klino Sekar
KeywordsLiterasi, Minat Baca, Desa Klino Sekar
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i10.3852-3862 |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Fahrina Yustiasari, et al. (2024). Pendidikan Literasi (Cetakan Pe). PT. Literatus Digitus Indonesia.
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697
Hermanda, A. F., Pangarsa, A. A. tata, Fathani, A. H., Saputro, A. N. C., Kuswantoro, Agung Harsono, B., Surur-Iyunk, B., Dewi, E. Z. P., Setyowati, E., Gunarto, Musyafa, H., Wafiroh, H., Muhimmah, H. A., Mubarrok, H., Juwoto, J., Fauziah, L., Marjuki, Mu’ammar, M. A., Bagus, M., Muhit, M. A., … Zaprulkhan. (2019). Literasi di Era Disrupsi. In Sahabat Pena Kita.
Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436
Manaf, S. (2021). Belajar Dalam Literasi Sekolah. https://ittifaqiah.ac.id/
Muhsyanur, et al. (2024). Literasi Ilmiah (Agustus). PT. Adikarya Pratama Globalindo.
Mutakim. (2025). Hari Buku Nasional 2025 dan Refleksi Literasi Indonesia. Times Indonesia. https://timesindonesia.co.id/pendidikan/539336/hari-buku-nasional-2025-dan-refleksi-literasi-indonesia
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Rahmanita Ginting. (2020). Kemampuan Literasi Media pada Era Informasi Digital di Kalangan Mahasiswa Kota Medan. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 3(1). https://doi.org/10.32734/lwsa.v3i1.816
Ramdani, U. P., & Puspita, G. (2024). Gerakan Manajemen Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sebagai Transfigurasi Perpustakaan di MAS YPK Cijulang. J-STAF: Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 3(2), 304–321. https://doi.org/10.62515/staf.v4i2.494
Rustandi, A, Harmaen, D., Pasundan, U., & Triandy, R. (2025). Meningkatkan Wawasan dan Pengetahuan tentang Penguatan Kompetensi Literasi Numerasi di Era. Literasi : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia Dan Daerah, 15(1), 142–147.
Saneka, N. E., & de Wit, M. (2019). Barriers and bridges between mother tongue and English as a second language in young children. South African Journal of Childhood Education, 19(1), 1–8.
Wijaya, C., Hidayat, R., & Rafida, T. (2019). Manajemen Sumberdaya Pendidik dan Tenaga Kependidikan. In Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI): Medan (Issue Agustus).
Yurni, Y., & Hariati, F. (2022). Pengaruh Stimulasi Tugas Terhadap Motivasi dan Pemahaman Membaca Mahasiswa Dengan Rancangan One Shot case study. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(2), 391. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i2.331
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.