STRATEGI PENINGKATAN LITERASI BACA BUKU DI DESA KLINO SEKAR : ANALISIS DAN REKOMENDASI

(1) * Vivi Vibri Yannika Setiana Putri Mail (Universitas Bojonegoro, Indonesia)
(2) Ardana Putri Farahdiansari Mail (Universitas Bojonegoro, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan literasi baca buku di Desa Klino Sekar serta merumuskan strategi peningkatannya berdasarkan kajian teori dan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi faktor penghambat dan peluang pengembangan literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya literasi di Desa Klino Sekar disebabkan oleh keterbatasan fasilitas baca, kurangnya variasi koleksi buku, lemahnya budaya membaca di keluarga, kendala ekonomi dan geografis, serta minimnya program literasi yang berkelanjutan. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan strategi peningkatan literasi yang meliputi penguatan infrastruktur perpustakaan desa, pengadaan koleksi buku yang variatif dan relevan, pelatihan pengelola literasi, pembentukan komunitas baca berbasis masyarakat, serta kolaborasi lintas sektor untuk mendukung keberlanjutan program. Implementasi strategi ini diharapkan mampu membentuk budaya membaca yang konsisten, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan mendorong kemajuan pendidikan di Desa Klino Sekar

Keywords


Literasi, Minat Baca, Desa Klino Sekar

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i10.3852-3862
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Fahrina Yustiasari, et al. (2024). Pendidikan Literasi (Cetakan Pe). PT. Literatus Digitus Indonesia.

Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697

Hermanda, A. F., Pangarsa, A. A. tata, Fathani, A. H., Saputro, A. N. C., Kuswantoro, Agung Harsono, B., Surur-Iyunk, B., Dewi, E. Z. P., Setyowati, E., Gunarto, Musyafa, H., Wafiroh, H., Muhimmah, H. A., Mubarrok, H., Juwoto, J., Fauziah, L., Marjuki, Mu’ammar, M. A., Bagus, M., Muhit, M. A., … Zaprulkhan. (2019). Literasi di Era Disrupsi. In Sahabat Pena Kita.

Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436

Manaf, S. (2021). Belajar Dalam Literasi Sekolah. https://ittifaqiah.ac.id/

Muhsyanur, et al. (2024). Literasi Ilmiah (Agustus). PT. Adikarya Pratama Globalindo.

Mutakim. (2025). Hari Buku Nasional 2025 dan Refleksi Literasi Indonesia. Times Indonesia. https://timesindonesia.co.id/pendidikan/539336/hari-buku-nasional-2025-dan-refleksi-literasi-indonesia

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Rahmanita Ginting. (2020). Kemampuan Literasi Media pada Era Informasi Digital di Kalangan Mahasiswa Kota Medan. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 3(1). https://doi.org/10.32734/lwsa.v3i1.816

Ramdani, U. P., & Puspita, G. (2024). Gerakan Manajemen Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sebagai Transfigurasi Perpustakaan di MAS YPK Cijulang. J-STAF: Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 3(2), 304–321. https://doi.org/10.62515/staf.v4i2.494

Rustandi, A, Harmaen, D., Pasundan, U., & Triandy, R. (2025). Meningkatkan Wawasan dan Pengetahuan tentang Penguatan Kompetensi Literasi Numerasi di Era. Literasi : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia Dan Daerah, 15(1), 142–147.

Saneka, N. E., & de Wit, M. (2019). Barriers and bridges between mother tongue and English as a second language in young children. South African Journal of Childhood Education, 19(1), 1–8.

Wijaya, C., Hidayat, R., & Rafida, T. (2019). Manajemen Sumberdaya Pendidik dan Tenaga Kependidikan. In Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI): Medan (Issue Agustus).

Yurni, Y., & Hariati, F. (2022). Pengaruh Stimulasi Tugas Terhadap Motivasi dan Pemahaman Membaca Mahasiswa Dengan Rancangan One Shot case study. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(2), 391. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i2.331


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.