TRANSFORMASI DIGITAL UMKM FASHION WANITA MELALUI PELATIHAN E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL

(1) * Khoirunissa Khoirunissa Mail (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia)
(2) Tashia Indah Nastiti Mail (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia)
(3) Lia Susanti Mail (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM di bidang fashion wanita melalui pelatihan digital marketing yang aplikatif dan berkelanjutan. Mitra kegiatan, yaitu Tina_Shop, merupakan UMKM yang memiliki potensi produk namun belum maksimal dalam memanfaatkan platform digital sebagai media pemasaran. Pelatihan difokuskan pada peningkatan pemahaman dan keterampilan praktis dalam memanfaatkan e-commerce (khususnya Shopee) dan media sosial (WhatsApp Business) untuk promosi produk. Metode pengabdian yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dengan kombinasi diskusi, studi kasus, hands-on training, dan focus group discussion (FGD). Pelatihan berlangsung selama empat hari dan mencakup materi pengenalan digital marketing, pembuatan toko online, strategi unggah produk, serta teknik promosi visual dan analisis data konsumen. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta dalam membuat akun marketplace, mengelola konten produk, dan menggunakan fitur-fitur digital secara efektif. Kontribusi kegiatan ini terhadap pengembangan ilmu pengetahuan terletak pada penerapan teknologi informasi secara kontekstual dalam pendidikan non-formal, khususnya pada bidang kewirausahaan digital berbasis UMKM. Selain memberdayakan pelaku usaha secara langsung, kegiatan ini juga menjadi model pelatihan yang dapat diterapkan pada berbagai konteks pendidikan masyarakat berbasis teknologi.


Keywords


digital marketing, UMKM fashion wanita, e-commerce, pemberdayaan masyarakat

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i9.3565-3571
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Bizhanova, Kenzhegul, Arafat Mamyrbekov, Ilkhom Umarov, Akmaral Orazymbetova, and Aziza Khairullaeva. 2019. “Impact of Digital Marketing Development on Entrepreneurship.†E3S Web of Conferences 135. doi: 10.1051/e3sconf/201913504023.

Dwijayanti, Andina, and Puji Pramesti. 2020. “Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital Menggunakan E-Commerce Dalam Mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek Di Masa Pandemi Covid-19.†Ikra-Ith Abdimas 4(2):68–73.

Kotler, P., and G. Armstrong. 2018. Principles of Marketing, Seventeenth Edition.

Kusumawardhani, Ratih, Ign Soni Kurniawan, and Enggar Kartikasari. 2020. “Mendesain Ulang Strategi Pemasaran Berbasis Media Sosial Pada Deriji Craft.†JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 4(4):683–93.

Muhammad Ra’uf, Simanjutak. 2018. “Rancangan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Brand Awareness Pada Sukku Coffee and Space.â€

Resmini’, Setya, Intan Satriani, and M. Rafi. 2021. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.†Abdimas Sliwangi 04(02):335–43.

Syahrul. 2012. “E-COMMERCE SEBAGAI SOLUSI PEMASARAN BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) | Jurnalinspiration.†STMIK AKBA, Makassar 1–13.

Wahyuningrum, Ratih. 2018. “Analisis Strategi E-Marketing Untuk Meningkatkan Minat Beli Online.†ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis 21(3):275–90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.