PENGABDIAN DALAM MENINGKATKAN POTENSI DESA MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI DESA KALIBARU

(1) * Atika Rahmi Mail (institut bisnis muhamamdiyah bekasi, Indonesia)
(2) Raisa Puspa Septiani Mail (institut bisnis muhamamdiyah bekasi, Indonesia)
(3) Rizal Indra Tjahya Mail (institut bisnis muhamamdiyah bekasi, Indonesia)
(4) Yogi Rahman Feriza Ginting Mail (institut bisnis muhamamdiyah bekasi, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pengabdian  ini menjelaskan  mengenai rangkaian   pengabdian potensi desa  dengan mengunakan pendidikan dan pelatihan di kelurahan kalibaru.   Pengabian ini terdiri dari  dosen di institut  bisnis muhamadiyah. Dengan program pembayaran UMKM secara digital, pelatihan totok wajah , pembuatan manik – manik  untuk anak anak.pesantren kilat dan bakti sosial. Kegiatan ini berjalan dengan lancar.

 


Keywords


desa kalibaru, kegiatan pengabdian.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i1.498-502
      

Article metrics

Abstract views : 1 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Produk, P., dan Masa, P. (2021). Pelatihan Umkm Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3602

Purba, E., Trianovie, S., dan Syuhada, S. (2023). Penyuluhan UMKM Di Era New Normal Dengan Memprioritaskan Ekonomi Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 3(2), 59–62. https://doi.org/10.58369/jpmg.v3i2.136

Ridwan, M. (2020). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam Jurnal Ecopreneur Upaya Masyarakat Dalam Publikasi Destinasi Wisata Untuk Peningkatan Ekonomi Desa Leuwikujang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, I(Ekonomi), 40–41.

Sari, R., Dianfitri As-Sanaj, T., Aji Pranoto, I., Adi Setiawan, D., Akhyar Rezqi Adesta, F., Khoerul Umam, I., Muhammad Ardan, R., Firman Danu, J., dan Urba Ningrum, C. (2023). Pemberdayaan Masyarakat UMKM di Era Digital Melalui Kegiatan KKNDesa Sitiwinangun. Journals Journal of Computer Science Contributions, 3(1), 84–95.

Mansir, F. dan H. P. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkeru, 1(1), 39-50.

Rachmawati, D., Ramadhani, N., Aulia Komarullah, T., Psikologi, F., & Islam Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2021). Sosialisasi Peranan Digital Marketing Bagi UMKM Di Desa Ujung Genteng Socialization Of The Role Of Digital Marketing For UMKM In Ujung Genteng Village. PROCEEDINGS UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(29), 90–104. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings

Yusuf, R., & Lahinta, A. (2019). Peningkatan Kapasitas UMKM Kabupaten Gorontalo Utara dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran Digital. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 8(2), 219–223.

https://doi.org/10.37905/sibermas.v8i2.8218

Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2021). Proposal Program Kerja Kkn 105 Abdi Suka Muda Desa Merdikurejo Dusun Kantongan B.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.