PENINGKATAN LITERASI NUMERASI MELALUI PELATIHAN PEMAHAMAN DAN PEMBAHASAN SOAL AKM DI SMP MUHAMMADIYAH KOTA DUMAI

Trisna Mesra, Fitra Fitra, Hanifatul Rahmi, Azmi Azmi, Melliana Melliana, Siti Nurfaizah, Sabila Zata Amani

Abstract


Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) merupakan alat evaluatif yang menggantikan Ujian Nasional (UN) untuk mengukur keterampilan membaca dan berhitung yang penting bagi siswa di Indonesia. Hasil survei Programme for International Student Evaluation (PISA) mengungkapkan bahwa tingkat literasi dan numerasi siswa Indonesia lebih rendah dibandingkan dengan negara lain, yang menyoroti perlunya inisiatif untuk meningkatkan pemahaman evaluasi ini. Proyek ini berupaya untuk meningkatkan kemahiran siswa dalam mengatasi tantangan numerasi AKM melalui program pelatihan di SMP Muhammadiyah Kota Dumai. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan sosialisasi, pra-tes, instruksi pemecahan masalah numerasi, dan pasca-tes. Pra-tes menilai kompetensi awal siswa, sedangkan pasca-tes mengukur kemanjuran instruksi yang diberikan. Hasil pra-tes menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memperoleh skor rendah dalam numerasi, dengan rentang 0 hingga 60. Setelah pelatihan, ada peningkatan yang nyata dalam kemampuan numerasi siswa, seperti yang terlihat dari hasil pasca-tes yang meningkat. Oleh karena itu, pendekatan pelatihan ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep numerasi dalam AKM. Proyek serupa diharapkan dapat dilaksanakan secara luas untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.


Keywords


Asesmen Kompetensi Minimum, literasi numerasi, pelatihan, pendidikan, SMP Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1010/544

Goos, M., Dole, S., & Geiger, V. (2011). Improving numeracy education in rural schools: a professional development approach. Mathematics Education Research Journal, 23(2), 129–148. https://doi.org/10.1007/s13394-011-0008-1

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). “Materi Pendukung Literasi Numerasi.” Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud., 8(9), 1–58. https://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf

Handayani, I., & Hadi, W. (2022). Pelatihan Soal AKM Literasi Numerasi di Sekolah Menengah Pertama. 11(2), 251–257.

Heti Aisah, Qiqi Yulianti Zaqiah, & A. Supiana. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 128–135. https://doi.org/10.69775/jpia.v1i2.25

Kusumaryono, R. S. (2020). Merdeka Belajar. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Maryuliana, Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12.

OECD. (2019). PISA 2018 Results. What school life means for students’ lives. In OECD Publishing: Vol. III. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Numerical Literacy in Thematic Learning for Upper Grade Elementary School Students. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.

Pulungan, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi pada materi persamaan linear siswa SMP PAB 2 Helvetia. Journal On Teacher Education, 3(3), 266–274. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/4574/3287

Sa’dijah, & Cholis. (2023). The 5th International Conference On Mathematics And Science Education (Icomse) 2021: Science and Mathematics Education Research: Current Challenges and Opportunities. Students’ Numeracy Skills in Solving Numeracy Tasks: Analysis of Students of Junior High Schools. https://doi.org/https://doi.org/10.1063/5.0113664

Sujadi, I., Kurniawati, I., Nur Wulandari, A., Andriatna, R., & Alifia

Puteri, H. (2023). Development training of numeracy-based mathematics problem for junior high school mathematics teachers to support minimum competency assessment. Jurnal Abdimas Galuh, 5(1), 135–145.

Taufik, A. R., & Pagiling, S. L. (2022). Pelatihan Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Bagi Guru Smp Negeri 8 Merauke. Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 2(3), 342–348. https://doi.org/10.46306/jub.v2.i3.105

Trigita, W. N., Prayito, M., & Albab, I. U. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Model Asesmen Kompetensi Minimum. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 93–98. https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i2.12793

Yuanita, Y., & Kurnia, F. (2019). Analisis Stem (Science, Technology, Engenering, and Mathematicss) Materi Kelistrikan Pada Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Sekolah Dasar. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 1. https://doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2174




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.2416-2426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.