PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN KONTEN DIGITAL UNTUK PERLUASAN DAKWAH PPM MBS PLERET BANTUL DIY

Erna Andriyanti, Titik Sudartinah, Rachmat Nurcahyo, Syahri Ramadan, Siwi Widiastuti, Aretha Nurahma Poernomo, Qonita Labibah Rahmah, Sekysa Amanda Virgary

Abstract


Integrasi literasi digital ke dalam dakwah Islam di Pondok Pesantren merupakan adaptasi yang sangat penting terhadap kebutuhan pendidikan dan komunikasi modern. Literasi digital, yang mencakup keterampilan dalam menggunakan alat digital, membedakan informasi yang dapat dipercaya, dan berkomunikasi secara efektif secara online, telah menjadi sangat penting bagi para santri. Tujuan program Pengabdian ini adalah pengembangan konten-konten digital yang dapat dimanfaatkan oleh Pondok Pesantren Muhammadiyah Muhammadiyah Boarding School (PPM MBS) Pleret DIY agar bisa lebih menyebarluaskan dakwah ke berbagai  lapisan masyarakat, terutama melalui media sosial. Konten-konten digital kekinian yang menggunakan berbagai Bahasa disajikan melalui media sosial website, Facebook, Instagram, TikTok, dan kanal YouTube resmi yang dikelola PPM MBS Pleret. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk pendampingan penyusunan konten dakwah digital untuk akun-akun media sosial yang dikelola oleh PPM MBS Pleret. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara kolaboratif antara tim pengabdi dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan civitas akademika PPM MBS Pleret melalui tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi dan pelaporan. Pendampingan ini memberdayakan PPM MBS Pleret dengan terwujudnya banyak konten dakwah hasil produksi para santri dalam media sosial resmi. Konten tersebut seudah melalui berbagai workshop persiapan, eksplorasi materi, dan proses editing. Konten dakwah tersebut digunakans ebagai media dakwah sekaligus branding PPM MBS Pleret.

Keywords


konten digital, dakwah, media sosial, PPM MBS Pleret, kolaborasi

Full Text:

PDF

References


Apriliani, D., Sasmito, G. W., & Ilmadina, H. Z. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Optimalisasi Dakwah Bagi Kader Nasyiatul Aisyiyah Bulakamba-Brebes. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1255-1261.

Anonim. 2006. Formalin bukan Formalitas. CP Buletin Service No.73 Tahun VII Januari 2006. Jakarta.

BPS (2013). Data Statistik Kependudukan. Badan Pusat Statistik Kota Padangsidempuan.

Burhanudin, A. M., Nurhidayah, Y., & Chaerunisa, U. (2019). Dakwah Melalui Media Sosial. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(2), 236-246.

Choliq, A. (2015). Dakwah Melalui Media Sosial Facebook. Jurnal Dakwah Tabligh, 16(2), 170-187.

Habibi, M. (2018). Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Milenial. AlHikmah: Jurnal Dakwah, 12(1), 101-116.

Omar, F. I., Hassan, N. A., & Sallehuddin, I. S. (2015). Role of Social Media in Disseminating Dakwah (Peranan Media Sosial dalam Penyebaran Dakwah). In Islamic perspectives relating to business, arts, culture and communication: Proceedings of the 1st ICIBACC 2014 (pp. 43-55). Springer Singapore.

Lestari, P. P. (2020). Dakwah digital untuk generasi milenial. Jurnal Dakwah. Vol. 21(1). 41-58.

Shabrina, F. N., Abdurrazaq, M. N., & Satria, A. (2023). Penggunaan Akun Tiktok@ husainbasyasman sebagai Media Dakwah Terhadap Minat Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam IAI-ALAZIS Dalam Pembuatan Konten Dakwah. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(1), 177-184.

Sumadi, E. (2016). Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(1), 173-190.

Susanto, D. (2018). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Santri Berbasis Teknologi Tepat Guna Di Pondok Pesantren (Perspektif Dakwah). Jurnal Ilmu Dakwah, 37(2), 247-283.

Tahyudin, I., Arifudin, D., Rozaq, H. A. A., & Putra, F. A. A. (2023). Pelatihan Video Editing dan Pembuatan Konten Digital PCINU Jepang sebagai Media Dakwah. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 6(1), 173-179.

Toni, H. (2016). Pesantren Sebagai Potensi Pengembangan Dakwah Islam. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 1(1).

Van Eeuwijk, P., & Angehrn, Z. (2017). How to… Conduct a Focus Group Discussion (FGD). Methodological Manual. https://www.swisstph.ch/fileadmin/user_upload/SwissTPH/Topics/Society_and_Health/Focus_Group_Discussion_Manual_van_Eeuwijk_Angehrn_Swiss_TPH_2017_2.pdf

Wibawa, A. T. (2019). Fenomena dakwah di media sosial YouTube. Jurnal Rasi, 1(1), 1-19.

Yasin, N. (2019). Dinamika perkembangan pondok pesantren salaf dan modern. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 2(2). 131-142.

Zulaecha, N. N., Hafidz, H., Pertiwi, B. N. O., & Nashihin, H. (2023). Pemanfaatan 15 Media Sosial Sebagai Dakwah Digital Dalam Penyiaraan Agama Kalangan Kaum Milenial Di Instagram (Ustadz Hanan Attaki). Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 534-547.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.2266-2279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.