DAMPAK E-COMMERCE TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DI PASAR KLANDASAN II KOTA BALIKPAPAN

(1) * Gilberto Rimang Mail (Universitas Mulawarman, Indonesia)
(2) Khairil Anwar Mail (Mulawarman University, Indonesia)
(3) Poppy Alvianolita Sanistasya Mail (Mulawarman University, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi dampak perkembangan perdagangan elektronik terhadap penjualan di Pasar Klandasan II, Kota Balikpapan. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data primer melalui wawancara dengan pedagang dan pengelola pasar serta data sekunder dari literatur terkait. Temuan menunjukkan bahwa penetrasi e-commerce  mengurangi minat konsumen untuk berbelanja di pasar tradisional, berdampak negatif pada pendapatan pedagang. Hasil ini menekankan perlunya inovasi strategi pemasaran digital agar pasar tradisional dapat bersaing di era modern. Pasar tradisional mulai kehilangan daya tarik bagi pelanggan akibat turunnya nilai atau harga pada platform e-commerce. Internet banyak digunakan untuk memperluas peluang komersial, terutama bagi perusahaan daring. Pasar tradisional tidak dapat lagi bersaing dengan pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan daring.

Keywords


Pasar, E-commerce, Konsumen, Modern, Inovasi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i3.1002-1011
      

Article metrics

Abstract views : 1

   

Cite

   

References


Adelia, Lubis, F. A., & Tambunan, K. (2024). Strategi Bertahan Pedagang Pakaian di Pasar Tradisional Nagari Ujung Gading di Tengah Perkembangan E-Commerce dalam Perspektif Ekonomi Islam.

Anindya Ardiansari. (2022). PENGARUH ADANYA SISTEM PENJUALAN ONLINE TERHADAP PASAR TRADISIONAL BENOWO SURABAYA Anindya Ardiansari Universitas Wijaya Putra INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online).

Dwijayanto, A., & Widodo, A. (n.d.). PENGARUH BAURAN 8P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN COFFEE SHOP KOPI KENANGAN BANDUNG.

Fani, R., & Safira, I. (2024). Analisis Dampak Pengaruh Keberadaan E-Commerce terhadap Pedagang Konvensional di Situbondo. JURNAL ECONOMINA, 3(1), 96–102. https://doi.org/10.55681/economina.v3i1.1145

Hamid, A., & Fauzan, M. (2023). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN. https://doi.org/10.30651/jms.v8i4.20695

Ikhsan, M., & Hasan, M. (2020). Analisis Dampak Penggunaan E-Commerce dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Makassar.

Mahmud, M. (n.d.). Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi Pemanfaatan Media Sosial & E-Commerce Guna Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pada Masa Pandemi.

Malazaneti, N., Aji, G., Rohmah, F., & Abdurrahman Wahid Pekalongan, U. K. (2023). Analisis Dampak Online Shop Terhadap Para Pedagang Di Pasar Tradisional Paninggaran (Vol. 2).

Nur’aeni, N. N., Ainulyaqin, M., & Edy, S. (2024). Dampak Fenomena E-Commerce Pada Tingkat Penjualan Di Pasar Tradisional Ditinjau Dari Psikologi Dan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 270.

Vicky Brama Kumbara. (2021). DETERMINASI NILAI PELANGGAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN: ANALISIS KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK DAN ENDORSE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.