SOSIALISASI PENCEGAHAN BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RESPECT EDUCATION DI SDN 001 CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Abstract
Program sosialisasi Pencegahan Bullying pada Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Pendekatan Respect Education di SDN 001 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar bertujuan menciptakan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, dan bebas dari bullying. Program ini melibatkan para guru sebagai peserta utama, dengan fokus pada pelatihan untuk mendeteksi, mencegah, dan menangani kasus bullying. Kegiatan ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi yang sistematis. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman para guru terhadap konsep bullying dan pendekatan Respect Education, serta kesiapan mereka dalam menerapkan strategi pencegahan di lingkungan sekolah. Faktor pendukung keberhasilan kegiatan ini meliputi dukungan penuh dari pihak sekolah dan antusiasme para guru. Namun, beberapa tantangan seperti keterbatasan durasi pelatihan dan kurangnya pelibatan orang tua menjadi perhatian utama untuk pengembangan program di masa mendatang. Disarankan agar kegiatan serupa diperluas ke sekolah lain, melibatkan orang tua secara lebih intensif, serta didukung oleh kolaborasi dengan lembaga pendidikan dan pakar. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih luas dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung perkembangan anak-anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Madya, F. O., Aiyuda, N., & Hanifah, F. (2022). Benarkah Bullying Victim Mengancam Interaksi Sosial Remaja? Jurnal Riset Psikologi, 73–78.
Ananda, E. R., & Marno, M. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Teknologi Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying di Kalangan Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Nilai Karakter Self-Confident Siswa Dalam Konteks Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5).
Arya, L. (2018). Melawan Bullying Mengagas Kurikulum Anti Bullying di Sekolah. Sepilar Publishing House.
Dharma, I. D. A. E. P., Karpika, I. P., & Setiyani, R. Y. (2024). Dampak Praktik Perundungan Terhadap Partisipasi dan Kesejahteraan Siswa: Kajian Holistik di Sekolah. Buletin Edukasi Indonesia, 3(01), 38–45.
Firtikasari, M., & Andiana, D. (2023). Pentingnya Multikultural Dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Belaindika (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 5(2), 35–42.
Freska, N. W., Kep, M., & Fernandes, N. R. (2023). Resiliensi Korban Bullying Remaja. Cv. Mitra Edukasi Negeri.
Husnunnadia, R., & Slam, Z. (2024a). Pencegahan Bullying Di Sekolah: Mengimplementasikan Pendidikan dan Kewarganegaraan Untuk Penguatan Hak dan Kewajiban Anak. Jpk (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 9(1), 28–42.
Husnunnadia, R., & Slam, Z. (2024b). Pencegahan Bullying di Sekolah: Mengimplementasikan Pendidikan dan Kewarganegaraan Untuk Penguatan Hak dan Kewajiban Anak. Jpk (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 9(1), 28–42.
Ikhwanudin, I., Daulima, N. H. C., & Putri, Y. S. E. (2023). Manfaat Terapi Suportif Dalam Mengurangi Kecemasan Pada Siswa Korban Perilaku Bullying. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(2), 1909–1917.
Irmayanti, N. (2016). Pola Asuh Otoriter, Self Esteem dan Perilaku Bullying. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(1), 20–35.
Ningrum, R. E. C., Matulessy, A., & Rini, R. A. P. (2019). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dan Regulasi Emosi Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying Pada Remaja. Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 15(1), 124.
Nirwana, S. (2024). Pengaruh Bullying Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 130–142.
Rati, N. W., Apsari, N. M. M., Putri, R. P. A., Swari, N. P. V., Dewi, P. A., & Darsana, I. W. G. (2024). Stop Bullying! Nilacakra.
Sartika, N. N. D. T., & Bajirani, M. P. D. (2024). Dampak Psikologis Pada Remaja Korban Bullying: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Review PendidikandDan Pengajaran (Jrpp), 7(2), 5062–5070.
Sipuan, S., Warsah, I., Amin, A., & Adisel, A. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 815–830.
Turnip, D. N., Sulistyosari, Y., & Lobja, E. (2023). Nilai-Nilai Karakter Pada Pembelajaran IPS Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Smp. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(4), 307–312.
Ula, D. M., & Novariyanto, R. A. (2024). Dampak Bullying Terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 2(1), 81–90.
Yunita, R. (2021). Perundungan Maya (Cyber Bullying) Pada Remaja Awal. Muhafadzah, 1(2), 93–110.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i3.993-1001
Refbacks
- There are currently no refbacks.