PELATIHAN DENGAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL GURU DI KABUPATEN SUMEDANG

Aah Ahmad Syahid, Ali Ismail, Cucun Sunaengsih, Lula Dwi Kemaliah, Wawan Setiawardani

Abstract


Keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital bagi guru saat ini adalah sebuah kebutuhan penting dalam menciptakan pembelajaran lebih bermakna. Keterampilan ini mencakup pada kemampuan dalam memanfaatkan beragam perangkat digital untuk dimanfaatkan dalam memudahkan kegiatan guru dalam mengelola pembelajaran. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru khususnya dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital melalui pelatihan dengan model experiential learning. Pelatihan diikuti oleh 56 peserta dari guru jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA di Kabupaten Sumedang. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga langkah; (1) Basic experience, pada tahap awal dilakukan melalui kegiatan pemaparan dari narasumber mengenai pemahaman dan pentingnya media pembelajaran, (2) Reflection, pada tahap kedua dilakukan melalui kegiatan refleksi dan diskusi untuk menentukan media pembelajaran apa yang akan dikembangkan oleh setiap peserta, dan (3) Action, sebagai kegiatan akhir dilakukan melalui praktik mengembangkan media pembelajaran. Sebagai bentuk keberhasilan dari pelatihan ini adalah tercapainya; (1) Pemahaman guru mengenai pentingnya memiliki keterampilan pengembangan media pembelajaran berbasis digital, dan (2) Seluruh peserta menghasilkan media pembelajaran berbasis digital berupa; infografis, video explainer dan edugame sederhana.

Keywords


keterampilan guru; pengembangan media pembelajaran; media pembelajaran berbasis digital.

Full Text:

PDF

References


Beard, C. (2018). Learning Experience Designs (LEDs) in an age of complexity: time to replace the lightbulb? http://shura.shu.ac.uk/22626/

Belzer, A., & Dashew, B. (2023). Experiential Learning Defining Parameters Contextual Foundations (Understanding the Adult Learner Perspectives and Practices) (1 ed., Vol. 1). Stylus Publishing.

Lehan, A. A. D., Koroh, T. R., Nawa, N. E. A., Kota, M. K., Nurhabibah, S., & Fembriani, F. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(1), 21–28.

Mutaqin, A. Z. (2023, Agustus 16). 4 Komponen Siklus Experiential Learning. https://highlandexperience.co.id/siklus-experiential-learning.

Rezania, V., Fihayati, Z., Amrullah, M., Ambarwati, F. I., & Hadian, N. S. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Guru Sd Muhammadiyah 5 Porong. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1415. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10273

Safi’i, I., Tarmini, W., Yanti, G., & Aziz, A. (2023). Empowering Educators: Pelatihan Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Best Practice Pembelajaran Dengan Metode Star. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(11), 4120–4129.

Setyansah, R. K., Madani, H. G. A. R., Ramadhani, Z., & Kusuma, W. (2023). Pendampingan Media Pembelajaran Realistik dan Menyenangkan bagi Guru SDN Balerejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan. Batoboh: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 8(1), 1–8.

Sunaengsih, C., Isrok’atun, Djuanda, D., Syahid, A. A., & Juneli, J. A. (2023). Peningkatan Pemahaman Guru Sekolah Dasar dalam Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Batoboh: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 8(2), 163–169.

Susilo, H., & Nugroho, R. (2019). Training of Andragogic Learning through Model Experiential Learning for Equality Education.

Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2021). Kompetensi Tik dalam Pembelajaran Bauran bagi Guru Sekolah Dasar di Daerah Pedesaan. Prosiding dan Web Seminar (Webinar) “Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0.” https://e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/2217

Taneja, M., Kiran, R., & Bose, S. C. (2022). Critical Analysis of Kolb Experiential Learning Process. International journal of health sciences, 6(1), 8713–8723. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6ns1.6962

Wijayanto, J., & Dotulong, L. O. H. (2017). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Plasa Multi Krindo Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(3), 3048–3057. https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.17350




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i2.815-821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.