PSIKOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM DAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA SISWA REGULER DI SEKOLAH
Abstract
Pesatnya penyebaran pendidikan inklusif di Kalimantan Selatan secara tidak langsung menyebabkan peserta didik reguler menjalin pertemanan dan berinteraksi langsung dengan peserta didik berkebutuhan khusus. Permasalahan yang terjadi di SMAN 1 Banjarbaru ialah minimnya kesadaran peserta didik reguler terhadap Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK), kesulitan bersosialisasi dengan teman sebaya serta adanya kecemasan dan stress yang di alami peserta didik sehingga berpengaruh pada self-esteem mereka. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk menguatkan budaya inklusi melalui psikoedukasi guna meningkatkan self-esteem, penerimaan teman sebaya, pemahaman serta pengelolaan stress dan kecemasan yang baik pada peserta didik reguler di sekolah inklusi SMAN 1 Banjarbaru. Metode yang digunakan adalah pemberian pre test dan post test menggunakan instrumen Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) dan kuesioner pengetahuan. Pelaksanaan kegiatan dengan metode ceramah secara langsung mengenai self-esteem, pendidikan inklusi dan pemahaman teman sebaya, manajemen kecemasan dan tata laksana pengobatan non farmakologi. Evaluasi kegiatan dan tingkat kepuasaan mitra sebagai tahap akhir pelaksanaan kegiatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Algustin, I.M., Dalmalyalnti, L.Al., Sallim, M.M., Septialn, W., Palmungkals, Y., Ralhmalwalti, Y.D., & Muhalyalt, Z. 2022. Peningkaltaln kesehaltaln jiwal paldal remaljal melallui progralm hipnorelalktif jiwal sebalgali upalyal mengaltalsi kecemalsaln di eral palndemi covid-19. Jurnall EMPAlTI (Edukalsi Malsyalralkalt, Pengalbdialn daln Balkti), 3(2), 60-66.
Alwalliyalh, S.N. 2020. Pengalruh trealtment double alction : yogal daln chalmomile terhaldalp dismenore daln kecemalsaln remaljal. PIN-LITAlMAlS, 2(1), 169-175.
Dalulaly, W., Walhyuni, S.E., & Nalsution, M.L. 2021. Optimallisalsi perkembalngaln remaljal melallui TKT (teralpi kelompok teralpeutik) di kecalmaltaln Medaln Almplals daln Medaln Johor. Jurnall Pengalbdialn Malsyalralkalt Multidisiplin, 4(2), 73-81.
Dewi, I.M., & Ernalwalti, Y. 2022. Alromal theralpy paldal alnalk usial sekolalh di Kalmpung Nologalten, Calturtunggall, Depok, Slemaln. Jurnall Peduli Malsyalralkalt, 4(2), 347-350.
Effendi, Z., Alndhini, D., & Hikalyalti, H. 2022. Upalyal pencegalhaln depresi, alnsietals daln stress paldal remaljal melallui psikoedukalsi dengaln alplikalsi SDAlSI berbalsis lalyalnaln alndroid. In Proceeding Seminalr Nalsionall Keperalwaltaln, 8(1), 41-46.
Halfidal, H., Effendi, Z., & Purwalnto, S. 2023. Pengalruh kombinalsi metode butterfly hub daln teralpi musik terhaldalp perubalhaln tingkalt kecemalsaln paldal remaljal. In Proceeding Seminalr Nalsionall Keperalwaltaln, 9(1), 190- 202.
Halsalnalti, U., & Alvialni, Y. I. 2020. Hubungaln sociall compalralsion dengaln self esteem paldal penggunal instralgralm. Jurnall pendidikaln talmbusali, 4(3), 2391-2399.
Halsni, N.I., Suprialtun, E., & Torualn, S.Al.L. 2023. Peneralpaln psikoedukalsi dallalm penalngalnaln stress alkaldemik paldal siswal di SMAlN 1 Sliyeg Kalbupalten Indralmalyu. Journall Pengalbdialn kepaldal Malsyalralkalt, 2(1), 49-60.
Jalnnalh, I.N. 2023. Pengalruh teralpi guide imalgery terhaldalp penurunaln kecemalsaln remaljal korbaln bullying di SMPS Shalbillal. Aln-Naljalt, 1(3), 16- 28.
Khalerunisal, H., & Ralsmitaldilal. 2023. Pembelaljalraln inklusif: Membalngun kesetalralalaln di dallalm kelals paldal malsal pencalbutaln PPKM. Kalrimalh taluhid, 2(5), 2234-2244.
Malno, D., Salrijuwital, Al., Firmalnsyalh, Y., & Salntoso, Al.H. 2023. Penyuluhaln, deteksi dini, sertal brief counselling mengenali drug albuse paldal remaljal. Jurnall Pengalbdialn Malsyalralkalt Nusalntalral, 5(2), 53-65.
Nurfaldhillalh, S. 2021. Pendidikaln inklusi. Cv jejalk.
Palti, W.C.B., Siraljuddin, M.S., & Alprialwall, J. 2022. Pelaltihaln regulalsi emosi untuk menurunkaln kecemalsaln paldal remaljal di Kalbupalten Konalwe (SMAlN 1 Alnggalberi). Jurnall Malndallal Pengalbdialn Malsyalralkalt, 3(1), 22-27.
Ralsmalwalti, R., Syisnalwalti, S., Ralsdiyalnalh, R., Alzwalr, Al., Sistalwalti, Al., & Balgals, M.Al., 2023. Pelaltihaln daln pendalmpingaln malnaljemen stres: laltihaln otot progresif daln alutogenik paldal siswal ekstralkurikuler usalhal kesehaltaln sekolalh. JMM (Jurnall Malsyalralkalt Malndiri), 7(3), 2857-2866.
Sukralalndini, N.K., Calndralwalti, S.Al.K., Citralwalti, N.K., Miralyalnti, N.K.Al., & Subhalktiyalsal, P.G. 2022. Optimallisalsi kemalndirialn remaljal dallalm malnaljemen kecemalsaln melallui pendekaltaln mind teralpi hiponisis limal jalri dallalm situalsi palndemi COVID-19. Alhmalr Metalkalryal: Jurnall Pengalbdialn Malsyalralkalt, 2(1), 26-31.
Walhyono, D., & Salntoso, P.S., 2022. Pelaltihaln psikoedukalsi alrt theralpy dengaln meraljut untuk menguralngi kecemalsaln daln membalngun SDM berdalyal gunal paldal remaljal Desal Ngralwaln, Berbek, Ngaljuk. AlBDI MAlSSAl: Jurnall Pengalbdialn Nalsionall, 2(04), 1-6.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i2.741-746
Refbacks
- There are currently no refbacks.