PERAN DINAS PERDAGANGAN BALIKPAPAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK UMKM MELALUI KEGIATAN FRIDAY IS YOUR FREE DESIGN DAY
Abstract
UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi. Namun, tantangan kualitas desain kemasan masih menghambat daya saing mereka. Untuk mengatasi hal ini, Dinas Perdagangan Balikpapan menginisiasi program “Friday Is Your Free Design Day”, yang menyediakan layanan desain kemasan gratis bagi UMKM setiap Jumat. Program ini bertujuan meningkatkan daya tarik produk UMKM di pasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam pada UMKM peserta program untuk mengkaji efektivitasnya. Hasilnya menunjukkan bahwa desain kemasan profesional mampu meningkatkan nilai jual produk dan minat konsumen serta memperkuat posisi UMKM dalam persaingan pasar di Balikpapan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliyah, A. H. (2022). PERAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. 3(1). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/welfare
Azzuhairi, A. Z., Hariyanto, D., Winarno, A., & Hermawan, A. (2022). PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING BATIK SUJO. Communnity Development Journal, 3(1), 191–196.
Hardaningtyas, R. T., & Artikasari, H. (2022). INOVASI DESAIN KEMASAN PRODUK & REPACKAGING PADA UMKM RENGGINANG “BU TAMSUNI.”
Hasanah, U., Winarti, I., & Puteri, D. R. A. (2023). INOVASI KEMASAN DAN PEMASARAN UKM KERUPUK PATTOLA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DESA GADINGSARI. 8.
Indrawan, S., Azmi, K., & Wiroto, N. (2024). Implementasi Desain Kemasan Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk.
https://ejournal.jurnalpengabdiansosial.com/index.php/jps
Novitasari, A. T. (2022). KONTRIBUSI UMKM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI ERA DIGITALISASI MELALUI PERAN PEMERINTAH. 9.
Purnamasari, Y., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (n.d.). ANALISIS PELUANG E-COMMERCE DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH PRODUK BATIK. (Studi Kasus pada Usaha Batik di Semarang).
Rodhiah, Ika Widyani, A., & Winduwati, S. (2021). MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI REDESAIN KEMASAN UKM CAP CUS DI JAMBI. 1. https://ojs.transpublika.com/index.php/PRIMA/
Setianingtyas, A., & Nurlaili, E. I. (2020). Analisis Social Media Marketing dan Tampilan Produk Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pamos Shop Mojokerto. 17(2). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Siswanto, Saputro, A., Anif, M., & Prasetyo, B. H. (2022). Desain Branding Kemasan Produk UMKM Yang Menarik dan Ekonomis.
Sudaryanti, D., Bastomi, M., & Sholehuddin, S. (2022). PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK INDUSTRI KREATIF MELALUI PELATIHAN PACKAGING DAN PACKING DI RW 01 KELURAHAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 434–441. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1861
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i2.675-681
Refbacks
- There are currently no refbacks.