SOSIALISASI MEDIA DIGITAL UNTUK MEMBANGUN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SMAN 1 JONGGOL

Tan Han Nio, Stepanus Daniel, Andreas Rian Nugroho, Christina Metallica, Familia Novita Simanjuntak, Candra Ditasona, Nel Bryan C Tugelida

Abstract


Pelaksanaan kegiatan sosialisasi media digital untuk membangun jiwa kewirausahaan siswa di SMA Negeri 1 Jonggol bertujuan untuk membangun jiwa kewirausahaan siswa. Metode yang digunakan dalam sosialisasi ini adalah metode ceramah dan diskusi. Hasil dari pelatihan ini memberikan manfaat yang sangat besar untuk siswa. Setelah dilakukan sosialisasi dan didapatkan hasil kuisioner yang terdiri dari 6 pernyataan, menunjukkan pentingnya sosialiasi ini. Pernyataan 1 didapatkan sebanyak 95% peserta setuju dengan pernyataan ini dan menunjukkan bahwa peserta mengerti pentingnya membangun bisnis digital. Pada pernyataan 2 didapatkan bahwa 100% peserta setuju. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi ini menambah rasa tertarik siswa dalam berwirausaha.  Pernyataan 3 didapatkan bahwa sebanyak 100% setuju dan memiliki rasa ingin tahu berhubungan dengan kewirausahaan berbasis digital. Pernyataan 4 menunjukkan sebanyak 36% menyatakan sangat setuju kemudian 29% menyatakan setuju, 31% menyatakan cukup pada pernyataan ini dan dapat disimpulkan bahwa sekitar 96% peserta siap memulai langkah pertama membangun bisnis digital. Pada pernyataan 5 sebanyak 42% menyatakan sangat setuju, kemudian 33% menyatakan setuju, 23% menyatakan cukup setuju dengan pernyataan ini. Pernyataan 6 diperoleh sebanyak 92% peserta sudah memiliki ide dan rencana untuk membangun bisnis digital, hanya tinggal menunggu waktu untuk menerapkan dalam kegiatan wirausaha. Karena hasil yang didapat tersebut, maka secara keseluruhan kegiatan ini berjalan dengan baik dan mampu membangun jiwa kewirausahaan siswa di SMA Negeri 1 Jonggol.


Keywords


spirit, entrepreneurship, socialization

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Afidah, M. (2020). Evaluasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen Universitas Lancang Kuning. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(1), 271-278.

Emilia, H. (2022). Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122-130.

Fauzzia, W., Sofiani, F., Shaleha, D. N., Malik, N. A., Delia, R., Rubianti, W., & Wulandari, W. (2018). Pengabdian Kepada Masyarakat Bakti Sosial Bersama Jamaah Masjid Fatmah Hidayah. JurnalAbdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen

Terapan(PENATARAN), 6(2), 114-133.

Khasbulloh, M. W., & Al Qusaeri, M. A. (2023). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Muda dengan Memanfaatkan Media Sosial sebagai Peluang Kewirausahaan bagi Siswa Man 01 Tegal Melalui Pelatihan “Entrepreneur Clas Go DigitaL”. EJOIN: Jurnal Pengabdian

Masyarakat, 1(3), 104-109.

Wibawa, S. (2017). Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Disampaikan dalam Rapat Perencanaan Pengawasan Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri. Yogyakarta, 29, 01-15.

Nursani, N., Hardinandar, F., Amelia, R., Rizkan, M., Akbar, M., & Mulya, K. S. (2024). Menumbuhkan Kewirausahaan Digital pada Generasi Z di SMAN 1 Wawo Melalui Kegiatan Sosialisasi. Journal of Excellence Humanities and Religiosity, 1(1), 37-50.

Sugiana, D. (2019). Komunikasi dalam Media Digital.

Perekonomian, K. (2022). Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Kementrian Perekonomian.

Sakinah, Y. P., Deswari, M. P., Nofriyanti, Y., Putra, M. F. D., & Desmarian, E. (2024). Sosialisasi Entrepreneurial Learning di Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi dan Jiwa Kewirausahaan Siswa di SMK N 8 Padang. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(2), 253-265.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i2.648-654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.