 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)(2) * Silmi Kaffah TN
 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)(3) Annisa Namira
 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)(4) Sitta Indana
 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)(5) Anisa Tsoraya
 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)(6) Anisah Angrainy
 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)(7) Widya Putri
 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)(8) Athaya Alya
 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)*corresponding author
| AbstractBerdasarkan hasil identifikasi lapangan didapatkan data bahwa Desa Batu Lawang terdiri dari4 dusun, Dusun 3 dan 4 memiliki taraf pendidikan yang masih terbilang rendah denganmasyarakat yang sebagian besar tidak lulus sekolah menengah atas (SMA) hal ini salah satunyadisebabkan oleh kurangnya lahan untuk membangun sekolah. Dalam pelaksanaan programKKN-Dik, mahasiswa merancang program kerja yang berkaitan dengan kebutuhan daripermasalahan yang ada, seperti program yang berkaitan dengan pendidikan dan kreativitasanak, serta program yang berkaitan dengan kesehatan gizi dan lingkungan. Mahasiswa terlibataktif dalam merancang dan melaksanakan kegiatan yang mendukung perkembangan fisik,kognitif, dan sosial emosional anak-anak di Desa Batulawang. Beberapa program kegiatanyang dilaksanakan untuk pendampingan tumbuh kembang anak dalam aspek kognitifdiantaranya; gerakan literasi, jurnal kreativitas, pembuatan pojok baca, pembuatan alatpermainan edukatif (APE); program pendampingan untuk orang tua berupa penyuluhanedukasi gizi; serta program pembuatan Eco Short agar anak bertanggung jawab dan sadar akanpentingnya kebersihan sejak dini. Program kegiatan KKNDik ini berhasil mencapai tujuanutamanya, yaitu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnyamenjaga kebersihan lingkungan serta pola makan yang sehat bagi anak-anak. KeywordsTumbuh kembang; pendidikan; anak usia dini | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i2.554-564 | Article metricsAbstract views : 0 | Cite | 
References
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (n.d.). Metodelogi Pengabdian Masyarakat.
Anisyah, N., Marwah, S., Indrawati, I., Hafizotun, L., Annisa Dewantari Nasution, N., Yumarni, V., & Kausari, D. (2023). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini pada Suku Anak Dalam di Desa Muaro Tabir. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 799–807. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.349
Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini di Era Digital. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 148–172. https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.41
Barrett, P., Davies, F., Zhang, Y., & Barrett, L. (2015). The impact of classroom design on pupils’ learning: Final results ofaholistic, multi-level analysis. Building and Environment, 89, 118–133. https://doi.org/10.1016/j.buildenv.2015.02.013
Data Penduduk Desa Batulawang Kec Cipanas Kab Cianjur. (2021). Kampung Pinter. https://batulawang-cipanas.kampungpinter.co.id/penduduk
Etnawati, S., & Pamungkas, J. (2022). Penggunaan Media Lukis dalam Pembelajaran Seni untuk Mengembangkan Multiple Intelegensi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5960–5969. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2766
Harahap, I. S., Amelia, R., Siregar, D., Harahap, G. R., & Hasibuan, E. K. (2022). SOSIALISASI PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN SEJAK USIA DINI. 1(2), 236–241.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Hasna, A. (2018). Membangun Pembelajaran Interaktif Melalui Kegiatan Bermain Alat Permainan Edukatif. 112, 113–128.
Payton, G. (2019). The Impact of Early Math and Numeracy Skills on Academic Achievement in Elementary School. Master’s Theses & Capstone Projects, 1–35. https://nwcommons.nwciowa.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1145&context=education_masters
Prabu Aji, S., Sumarmi, S., Millati, R., Tri Wijayanti, Y., & Aris Tyarini, I. (2024). Increasing Community Nutrition Awareness through Balanced Nutrition Education Program. Abdimas Polsaka, 3(1), 33–39. https://doi.org/10.35816/abdimaspolsaka.v3i1.65
Rohani. (2020). Media Pembelajaran. Repository.Uinsu, 234. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=Nr8w9uLXRR&sig=dO9nzuMdeU76Gwa7wE2-xLcBB7I
Saling, Marihi, L. O., Sumartono, & Tuharea, F. (2023). Penyuluhan Gizi Seimbang Dan Olahan Pangan Lokal Untuk Mencegah Stunting. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 7(1), 48–54. https://doi.org/10.35326/pkm.v7i1.3244
Winarti, W., & Rohmalina. (2020). KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINATIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. 3(5), 488–495.
Yasmin, N. S., & Mayar, F. (2023). Meningkatkan Kemampuan Seni pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Mewarnai. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7691–7696. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.2619
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
 
 
  
  
  
 




