OPTIMALISASI PENJUALAN IKAN SALAI BERBASIS DIGITAL MARKETING PADA UMKM KELUARGA MAJU BERSAMA DI KABUPATEN LAHAT
Abstract
Pengabdian masyarakat yang dilakukan di UMKM Keluarga Maju Bersama, Kabupaten Lahat, bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk ikan salai melalui penerapan inovasi teknologi dan penguatan manajemen usaha. Program ini juga menitikberatkan pada diferensiasi produk dan pembentukan identitas merek yang khas, sehingga produk ikan salai mampu menonjol di pasaran. Selain itu, proyek ini bertujuan untuk mendorong praktik bisnis berkelanjutan dengan memberikan edukasi kepada pemilik UMKM tentang teknik produksi yang efisien dan pengelolaan sumber daya. Permasalahan utama yang dihadapi meliputi rendahnya kualitas kemasan dan strategi pemasaran yang kurang efektif, sehingga produk sulit bersaing di pasar. Metode yang digunakan mencakup pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, serta analisis deskriptif dan inferensial secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan rumah pengasapan dan vacuum sealer secara signifikan meningkatkan kualitas dan daya tarik produk, serta memperpanjang masa simpan ikan salai. Selain itu, pelatihan pemasaran digital meningkatkan pemahaman dan keterampilan mitra dalam mempromosikan produk mereka, sehingga terjadi peningkatan penjualan sebesar 50% dalam enam bulan. Dengan demikian, kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil menciptakan model pengembangan UMKM berbasis teknologi dan pemasaran digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asri Elies Alamanda, A. S., Sony, S., Firnanda, B., Isnainiyah, S. N., & Putriani, Y. H. (2024). PEMANFATAN LAHAN PEKARANGAN MELALUI PROGRAM PEKARANGAN PANGAN LESTARI DI DESA SENDANGHARJO KECAMATAN NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4409-4414.
Boom Cárcamo, E., Molina Romero, S., Galindo Angulo, C., & Restrepo, M. d. (2024). Barriers and Strategies for Digital Marketing and Smart Delivery in Urban Courier Companies in Developing Countries. Journal of the Knowledge Economy, 1-30.
Dašić, D., Vučić, V., Turčinović, Ž., & Tošić, M. (2023). DIGITAL MARKETING - MARKETING OPPORTUNITIES AND THE POWER OF DIGITAL CONSUMERS. Economics of Agriculture, 70(4), 1187-1199.
Dharma, I. M., Lasmawan, I. W., & Suastika, I. N. (2022). Digital Technology To Improve Marketing Strategy In The Era Of Pandemic Covid-19. The ES Economy and Entrepreneurship, 1(2), 41-48.
Ismawan, D., Tullah, N. H., Fauzan, D. A., & Asbari, M. (2022). Community Service in the Higher Education Environment. Journal of Community Service and Engagement (JOCOSAE), 34-43.
Jerab, D., & mabrouk, T. (2023). Strategic Excellence: Achieving Competitive Advantage through Differentiation Strategy. SSRN Electronic Journal, 1-15.
Khanom, M. T. (2023). Using Social Media Marketing in the Digital Era: A Necessity or a Choice. Research in Business & Social Science, 12(3), 88-98.
Kurniati, D., Dolorosa, E., Nugraha, A., Permatasari, N., & Sukiyono, K. (2024). PELATIHAN PENGELOLAAN RISIKO USAHATANI DI KECAMATAN SUNGAI KAKAP. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4421-4427.
Wodi, S. I., & Cahyono, E. (2022). Application of Fishery Products Diversification as an Effort to Increase Fish Consumption for the Community of Birahi, South Tabukan. Jurnal Ilmiah Tatengkorang, 6(1), 1-6.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i2.888-895
Refbacks
- There are currently no refbacks.