APLIKASI MEMRISE SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Faridatun Nida, Muhammad Adnin Mubarok, Aulia Putri Cahyani

Abstract


Penerapan Kurikulum Merdeka dan kebutuhan siswa terhadap ketrampilan berbahasa Inggris menjadikan MI Muhammadiyah Patikraja memiliki keinginan untuk kembali menyediakan pembelajaran bahasa Inggris bagi para siswanya. Namun demikian, ketiadaan guru bahasa Inggris sejak diterapkannya kurikulum 2013 dan keterbatasan dana dalam penyelenggaraannya menjadi satu tantangan yang dihadapi. Tim dosen Universitas Amikom Purwokerto (UAP) memberikan alternatif berupa pemanfaatan aplikasi Memrise. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, tim dosen UAP mengadakan sosialisasi dan pelatihan aplikasi Memrise untuk membekali para guru sehingga mereka mampu mengoperasikan aplikasi Memrise dan berinisiatif mengkolaborasikan pembelajaran yang diampu dan menyisipkan pembelajaran bahasa Inggris dengan memanfaatkan aplikasi Memrise. Dalam pelaksanaannya, seluruh guru terlihat antusias dalam mengikuti praktik penggunaan aplikasi. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pra dan pasca kegiatan, terlihat adanya perbedaan yang siginifikan terkait pengetahuan guru terharap aplikasi yang diperkenalkan tersebut. Dengan demikian diharapkan bahwa aplikasi tersebut dapat memberi dampak baik, tidak hanya bagi guru, tetapi juga bagi siswa di MI Muhammadiyah Patikraja.

Keywords


aplikasi Memrise; bahasa Inggris; siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Aulia, V., Norliani, N., Nadhirah, T., & Alfarizqi, F. (2022). Penyuluhan Mengenai Urgensi Pembelajaran Bahasa Inggris di Jenjang SD kepada Wali Siswa MI Kenanga Banjarmasin. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 544–549. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4011

Azka, M. Y. A., Ali, M., & Narimo, S. (2023). Implementasi Kurikulum Bilingual dalam Meningkatkan Kualitas Bahasa Inggris di SD Bilingual Muhammadiyah 1 Purwodadi. Jurnal Sinektik, 5(1), 8–14. https://doi.org/10.33061/js.v5i1.6812

Chandra, E. N., & Kusumadewi, H. (2018). Pengenalan Aplikasi Memrise untuk Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris melalui TOEFL. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 224. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i03.1835

Diyanti, B. Y., Nurhayati, L., & Supriyanti, N. (2020). The Profile of Primary English Teachers in Indonesia. LITERA, 19(1), 37–51. https://doi.org/10.21831/ltr.v19i1.27228

Fadhilawati, D., Rachnawati, D. L., Hastari, S., & Nehru, N. A. (2022). Belajar Vocabulary dengan Menyenangkan Melalui Aplikasi Memrise dan Quizlet di MAN Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(10), 1875–1886. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Firsa Afra Yuslizar, Ahmad Zahruddin, Susanti Lathifa Ulfi, & Danial Hilmi. (2023). Implementasi Aplikasi Memrise dalam Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif di Bimbingan Belajar (Bimbel) Adz-Dzakaa’ Malang. Shaut al Arabiyyah, 11(1), 179–194. https://doi.org/10.24252/saa.v11i1.38644

Jf, N. Z., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2024). Pemanfaatan Aplikasi: Membuat Media Pembelajaran dan Penilaian yang Efektif untuk Anak di Tadika Al-Fikh Orchad Malaysia. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(8), 2943–2952. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i8.2943-2952

Kusumaningrum, S., & Dwitantyanov, A. (2019). Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Metode Sing a Song dan Games Bagi Guru SD/MI Muhammadiyah di Wilayah Kabupaten Sorong. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 2(2), 12–17. https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/472

Manoppo, N., Aliyya Laubaha, S., & Basarata, N. (2023). Ragam Aplikasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Assuthur: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 80–97. https://doi.org/10.58194/as.v1i2.473

Manullang, P., Sipayung, K. T., Sitorus, N., & Sigiro, M. (2023). The Influence of Using Memrise Application on the Students’ Pronunciation Mastery of the Eight Grade at SMPN 2 Girsang Sipangan Bolon. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 555–570. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/358

Milah, R., Efendi, Y., Nuryandani, E., & Fahriansyah, F. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Gamifikasi Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(8), 2915–2928. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i8.2915-2927

Nasution, D. S., Hasibuan, S. W., & Zulfikar, Z. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Memrise untuk Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Guru Melalui TOEFL. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 121–130. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/Karunia/article/view/651

Oktavia, D., Habibah, N., Balti, L., & Kurniawan, R. (2023). Kurikulum Merdeka dan Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Need Analysis Study. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 257–265. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1260

Oktaviana, F., Rahayu, E., & Indihadi, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2656–3223), 442–448.

Prasetyo, T., Brawijaya, A., Fitriliani, A., & Kurniawati, S. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Spinning Wheel Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Cibogo. INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 1(2), 12–20. https://doi.org/10.56855/income.v1i2.28

Sidabutar, U., Hutagalung, H. G., Gaol, D. S. L., Purba, D. N., Sihotang, S. D., & Purba, I. A. (2022). Program Bimbingan Belajar Gratis Bahasa Indonesia, Matematika, IPS, dan Bahasa Inggris di SD Negeri 035950 Silencer. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 586–597. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.360

Sucandra, S., Budiman, M. A., & Fajriyah, K. (2022). Analisis Kesulitan Penguasaan Kosakata Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris pada Siswa Kelas IV SD Plus Latansa Kabupaten Demak. Wawasan Pendidikan, 2(1), 71–80. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9664

Suwarti, T. S., Lestari, S., & Widiyanto, M. W. (2022). Implementasi Blended Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SD Kebon Dalem 2 Semarang Tahun Akademik 2021/2022. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 34–38. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.11993

Yulia, Y., & Widyarini, T. L. (2018). Pendampingan Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa Inggris di SD Kanisius Sleman. Abdimas Dewantara, 1(1), 1. https://doi.org/10.30738/ad.v1i1.2081




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5247-5256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.