MENINGKATKAN PENDAPATAN MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN PRODUKSI DAN PEMASARAN DIGITAL PADA PRODUK JATEKU DAN BASRENG CIHUY DI UMKM MEKAR SARI

(1) * Hilmiatus Sahla Mail (Universitas Asahan, Indonesia)
(2) Aris Siregar Mail (Universitas Asahan, Indonesia)
(3) Heru Gunawan Mail (Universitas Asahan, Indonesia)
(4) Zahra Nur Fadila Mail (Universitas Asahan, Indonesia)
(5) Umi Khulsum Mail (Universitas Asahan, Indonesia)
(6) Sri Wahyuni Mail (Universitas Asahan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Persaingan bisnis di era teknologi digital membuat para pelaku UMKM harus melakukan kreativitas dan inovasi dalam mengelola usahanya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang ditawarkan kepada konsumen ataupun pelanggan, namun kebaharuan ataupun perbaikan pengelolaan manajemen usaha harus didukung oleh meningkatnya pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha tersebut. UMKM Mekar Sari yang ada di desa Tanah Rakyat Kecamatan Pulo Bandring  Kabupaten Asahan merupakan UMKM yang memproduksi dan menjual produknya yaitu Jateku dan Basreng Cihuy dengan pemasaran offline, permasalahan tidak hanya pada pemasaran namun manajemen produksi yang menggunakan produksi cara manual membuat pelaku UMKM Mekar Sari tidak mampu memenuhi permintaan pelanggan, kemudian pencatatan pembukuan usaha yang tidak konsisten dilakukan membuat pelaku UMKM Mekar Sari sulit memahami tentang posisi keuangan usahanya, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, tim memberikan Solusi dari permasalahan tersebut dengan metode pendampingan dan pelatihan tentang pengelolaan manajemen produksi, pemasaran digital dan pencatatan pembukuan UMKM, dan juga memberikan bantuan Alat Teknologi Tepat Guna berupa mesin produksi, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi, meningkatkan kualitas produksi dan mempromosikan dan menjual produk melalui sosial media yang menjadi bagian pemasaran digital, Pendampingan dan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat terkhusus meningkatnya penjualan produk UMKM Mekar Sari sehingga terjadi peningkatan pendapatan.


Keywords


Peningkatan ; Produksi; Pemasaran; Jateku; Basreng Cihuy

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v7i8.3276-3286
      

Article metrics

Abstract views : 33 | PDF views : 70

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Deny sutrisno, et all. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Nilai Produk Bandrek Jahe Di Kelurahan Sijinjang Kota Jambi. Logista-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 31–36.

Hamid, H. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. In De La Macca (Cetakan ke, Vol. 1, Issue 1). De La Macca.

Novila Sari, Pipit, Susi Indriyani, A. A. I. (2023). Peningkatan Kesejahteraan Umkm Desa Mekar Sari Kabupaten Mesuji Melalui Strategi Digital Marketing. Seminar Nasional Universitas Borobudur Puiblikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2522(1), 289–295. https://prosiding.borobudur.ac.id/index.php/1/

Redi Aryanta, I. W. (2019). Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. Widya Kesehatan, 1(2), 39–43. https://doi.org/10.32795/widyakesehatan.v1i2.463

Rozikan, R. (2022). Pendampingan Peningkatan Kualitas Produk Usaha Mikro Kecil Menengah. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 20, 1788–1795. https://doi.org/10.18196/ppm.44.754

Shahrajabian, M. H., Sun, W., & Cheng, Q. (2019). Clinical aspects and health benefits of ginger (Zingiber officinale) in both traditional Chinese medicine and modern industry. Acta Agriculturae Scandinavica Section B: Soil and Plant Science, 69(6), 546–556. https://doi.org/10.1080/09064710.2019.1606930

Zhang, S., Kou, X., Zhao, H., Mak, K. K., Balijepalli, M. K., & Pichika, M. R. (2022). Zingiber officinale var. rubrum: Red Ginger’s Medicinal Uses. Molecules, 27(3). https://doi.org/10.3390/molecules27030775


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.