PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI INDONESIA HIJAU MELALUI INOVASI PRODUK OLAHAN KAKAO: DIGITALISASI PEMASARAN, DIVERSIFIKASI PRODUK DAN SMART PACKAGING BERBASIS RAMAH LINGKUNGAN

Haeruddin Hafid, Andi Marlisa Bossa Samang, Sri Amalia Edy

Abstract


Kakao merupakan komoditas perkebunan unggulan di Provinsi Sulawesi Barat dan menempati peringkat keempat produksi nasional. Akan tetapi, produksi kakao yang tinggi tersebut tidak dibarengi dengan perkembangan teknologi hirilisasi yang baik. Hasil observasi menunjukkan bahwa petani-petani kakao yang bernaung di Kelompok Tani Indonesia Hijau belum memiliki pemahaman dan keterampilan diversifikasi produk olahan cokelat. Selain itu, belum ada pemahaman tentang perancangan kemasan dengan konsep smart-packaging dan penggunaan jenis kemasan ramah lingkungan. Penerapan diversifikasi olahan cokelat dan penggunaan kemasan secara bertanggungjawab dapat menjadi keunggulan dan meningkatkan nilai jual produk olahan mitra. Terdapat beberapa tujuan dari kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini yaitu, 1) meningkatkan manajemen usaha dan motivasi kelompok mitra, 2) melakukan diversifikasi produk olahan cokelat beupa cokelat batang, permen cokelat, dan cokelat jahe instan, 3) Melakukan perancangan kemasan hasil diversifikasi produk olahan cokelat dengan konsep smart packaging serta menggunakan material kemasan ramah lingkungan, dan 4) Meningkatkan akses pemasaran melalui digitalisasi pemasaran. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu mitra pengabdian telah mengalami peningkatan dari segi motivasi usaha mendiversifikasikan produk olahan cokelat, merancang dan menggunakan kemasan ramah lingkungan serta peningkatan keterampilan memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran.


Keywords


Kakao, teknologi, olahan coklat, kemasan ramah lingkungan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2021). Produksi Tanaman Perkebunan Menurut Kabupaten (Ton). https://sulbar.bps.go.id/indicator/54/337/1/produksi-tanaman-perkebunan-menurut-kabupaten.html

Badan Pusat Statistik. (2023, March 17). Statistik Kakao Indonesia 2022 . https://www.bps.go.id/id/publication/2023/11/30/ef4419ba62e6ec7d4490218e/statistik-kakao-indonesia-2022.html

Balai Informasi Standar Instrumen Pertanian. (2023). Kakao Indonesia: Produksi, Tantangan dan Peluang . https://bisip.bsip.pertanian.go.id/berita/kakao-indonesia-produksi-tantangan-dan-peluang

Maulana, A., & Kartiasih, F. (2017). Analisis Ekspor Kakao Olahan Indonesia ke Sembilan Negara Tujuan Tahun 2000-2014. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia., 17(2), 103–117.

Purba, H. H., Maarif, M. S., Yuliasih, I., & Hermawan, A. (2018). Pengembangan Produk Makanan Cokelat Berbasis Preferensi Konsumen. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 28(1), 40–47.

Sriarmad, N., & Kalaba, Y. (2020). Analisis Pendapatan Usaha Cokelat pada Industri Banua Cokelat di Kota. Jurnal Ilmu Pertanian, 8(3), 647–657.




DOI: https://doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5338-5344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

UM-Tapsel Press : Institusional Publisher, Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara. Telp/Fax 063421696. e-mail : press@um-tapsel.ac.id. site: http://um-tapsel.ac.id Klik for more information

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.