 (Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia)(2) Randy Syah Putra
 (Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia)(3) Nanda Tanjung
 (Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia)
 (Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia)*corresponding author
| AbstractPenelitian ini memaparkan hasil program kerja mahasiswa KKN yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau di Kelurahan Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru. Program kerja ini difokuskan pada digitalisasi IMKM (Industri Mikro Kecil Menengah) Kembang Setaman melalui pengembangan platform e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian aksi partisipatif, yang melibatkan sesi pelatihan, pengembangan situs web, dan kegiatan pelibatan masyarakat. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam literasi digital anggota IMKM dan keberhasilan implementasi platform e-commerce. Transformasi digital ini telah memperluas jangkauan pasar IMKM Kembang Setaman dan meningkatkan efisiensi operasional mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa digitalisasi dapat menjadi strategi yang efektif untuk memberdayakan bisnis lokal. KeywordsKKN, Digitalisasi, E-commerce, IMKM | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v7i12.%25p | Article metricsAbstract views : 107 | PDF views : 27 | Cite | Full Text Download | 
References
Adidarma. W. (2015). Strategi Produk Untuk Mengatasi Hambatan Ekspor UKM Industri Kerajinan Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 13(1), 39-54. https://doi.org/10.29259/JMBS.V13I1.3337
Cenamor, J., Parida, V., & Wincent, J. (2019). How Entrepreneurial SMEs Compete Through Digital Platforms: The Roles of Digital Platform Capability, Network Capability and Ambidexterity. Journal of Business Research, 100, 196-206. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2019.03.035
Mazzarol, T. (2015). SMEs Engagement with E-commerce, E-business and E-marketing. Small Enterprise Research, 22(1), 79-90. https://doi.org/10.1080/13215906.2015.1018400
Rahayu, R., & Day, J. (2017). E-commerce Adoption by SMEs In Developing Countries: Evidence from Indonesia. Eurasian Business Review, 7(1), 25-41. https://doi.org/10.1007/S40821-016-0044-6/TABLES/11
Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial (Vol. 1). Gawe Buku. https://www.researchgate.net/publication/344211045
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
 
 
  
  
  
 




