PENERAPAN TEKNOLOGI METAVERSE MELALUI PLATFORM META SCHOOL PADA SMKN 1 MERBAU MATARAM
Abstract
Pendidikan dalam era digital mengalami perubahan signifikan yang mendorong kebutuhan akan metode pembelajaran inovatif dan interaktif. Pengabdian ini mengeksplorasi penerapan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) melalui Meta School di SMKN 1 Merbau Mataram, dengan tujuan menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam. Teknologi AR dan VR memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan materi pembelajaran secara real-time dengan menggunakan objek tiga dimensi, meningkatkan minat dan motivasi belajar mereka. Metode pengembangan yang diterapkan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan: konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian. Hasil penelitian penggunaan Meta School dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan relevan dengan perkembangan zaman. Saran untuk pengembangan lebih lanjut mencakup penambahan materi dan fitur interaktif lainnya dalam Meta School.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi teknologi augmented reality dalam pembelajaran interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(1), 7-11
Mantasia, M., & Hendra, J. (2016). Pengembangan teknologi augmented reality sebagai penguatan dan penunjang metode pembelajaran di SMK untuk implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3).
Rahmatika, A., Manurung, A. A., & Ramadhani, F. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan empati anak usia dini dengan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Sudo Jurnal Teknik Informatika, 2(3), 122-130.
Suryaman, M., Setiyani, L., Gunawan, R., Santoso, D. B., Fitriyani, R., & Ikhsan, N. (2023). Pengenalan Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) Dan Augmented Reality (AR) Dalam Proses Pembelajaran Kepada Para Guru Dan Siswa Di Smk Negeri 1 Cilamaya Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(1), 167-174.
Purwanti, S., Astuti, R., Jaja, J., & Rakhmayudhi, R. (2022). Application of the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Methodology to Build a Multimedia-Based Learning System. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 2498-2506.
Jantjies, M., Moodley, T., & Maart, R. (2018, December). Experiential learning through virtual and augmented reality in higher education. In Proceedings of the 2018 international conference on education technology management (pp. 42-45).
Aryani, D., Putra, S. D., Noviandi, H. A., & Akbar, H. Design Application of Augmented Reality-Based Computer Device Assembly Practicum Modules.
Hardianto, R. H., Wiza, F., & Ohara, R. (2022). PKM pengenalan metaverse kepada siswa SMK. Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 45-50.
Hermawan, H., Waluyo, R., & Ichsan, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mesin Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Journal of Innovation Information Technology and Application (JINITA), 1(1), 1-7.
Rizal, M. R., Fikriah, F. K., & Hidayat, H. (2022). Pengenalan augmented reality (AR) sebagai media pembelajaran di SMK NU Kesesi. Jurnal Pengabdian Masyarakat TEKNO, 3(2), 77-83.
Solehatin, S., Aslamiyah, S., Pertiwi, D. A. A., & Santosa, K. (2023). Augmented reality development using multimedia development life cycle (MDLC) method in learning media. Journal of Soft Computing Exploration, 4(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.4993-4998
Refbacks
- There are currently no refbacks.