PENGGUNAAN CHATGPT UNTUK PENULISAN KARYA ILMIAH BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS

(1) * Tuti Purwoningsih Mail (Universitas Terbuka, Indonesia)
(2) Muhammad Yunus Mail (Universitas Terbuka, Indonesia)
(3) Tita Rosita Mail (Universitas Terbuka, Indonesia)
(4) Amalia Sapriati Mail (Universitas Terbuka, Indonesia)
(5) ChatGPT ChatGPT Mail (OpenAI L.L.C, United States)
*corresponding author

Abstract


Salah satu implementasi Artificial Intelligence (AI) yang dapat mendukung penulisan karya ilmiah adalah ChatGPT. Penggunaan prompt pada ChatGPT dengan teknik yang baik dan efektif mampu menghasilkan tulisan yang memiliki nilai ilmiah. Guru bertanggung jawab untuk mengevaluasi pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), namun sering kesulitan ketika menyampaikan hasil PTK dalam tulisan ilmiah. Hal serupa juga terjadi pada guru-guru di SMAN 1 Tangerang Selatan. Oleh karena itu, tim dosen pengabdian mengadakan pelatihan peningkatan kualitas profesionalisme guru dengan menggunakan ChatGPT dalam penulisan karya ilmiah berbasis PTK. Dalam kegiatan ini, guru dibimbing mulai dari penulisan hingga pengiriman ke jurnal ilmiah. Pelatihan dilakukan dengan membentuk kelompok kecil dan menerapkan metode hybrid (online dan offline). Hasil kuesioner menunjukkan bahwa sebelum pelatihan, 57% peserta belum mengenal ChatGPT dan 24% belum pernah melakukan PTK. Namun, setelah pelatihan, 97% peserta merasa ChatGPT membantu dalam penulisan karya ilmiah dan 100% berkomitmen untuk melaksanakan PTK demi peningkatan hasil pembelajaran.

Keywords


Artificial Inteligence (AI), ChatGPT, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Karya Ilmiah

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4630-4641
      

Article metrics

Abstract views : 1025 | PDF views : 59

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Chandra, N. E., Listia, R., Rosalina, E., Aprilia, R. D., Devisasmita, K. R., & Laheba, S. M. V. (2022). Pendampingan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Masa Pandemi Covid 19 Pada Guru-Guru Bahasa Inggris SMA di Kota Banjarbaru. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 79–85. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4325

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia.

Emaliana, I. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273–279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380

Maulana, M. J., Darmawan, C., & Rahmat, R. (2023). Penggunaan Chatgpt Dalam Tinjauan Pendidikan Berdasarkan Perspektif Etika Akademik. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 10(1), 58–66. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.21090

Mbakwe, A. B., Lourentzou, I., Celi, L. A., Mechanic, O. J., & Dagan, A. (2023). ChatGPT passing USMLE shines a spotlight on the flaws of medical education. PLOS Digital Health, 2(2), e0000205. https://doi.org/10.1371/journal.pdig.0000205

Nurhayati, Hasjim, M., Nursa’adah, S., & Indarwati. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Pemaksimalan Penggunaan Mendeley Bagi Guru-Guru SMP Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 480–485. http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/13605

OpenAI. (2022). OpenAI. https://openai.com/chatgpt/

Sa, I., Adian, G., Saidan, K., Fara, J., & Nabila, Z. (2023). Pelatihan Guru di SMPN 2 Balongbendo Sidoarjo melalui Pendampingan Menulis Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Media Pendukung Google Scholar dan Mendeley (GSM). SEWAGATI, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 989–997. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/index

Saputra, R. (2023). 6 Alasan Guru Dapat Menggunakan ChatGPT Sebagai Pelatihan dan Sarana Mencari Ide Kreatif dalam Mengajar. GuruInovatif. https://guruinovatif.id/artikel/6-alasan-guru-dapat-menggunakan-chatgpt-sebagai-pelatihan-dan-sarana-mencari-ide-kreatif-dalam-mengajar?username=romisaputra

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680

Winarno, S. (2023). ChatGPT dan Potensi Plagiasi. MALANG POSCO MEDIA. https://malangposcomedia.id/chatgpt-dan-potensi-plagiasi/

Kurikulum, BalitbangDepdiknas.

Putra, H. P dan Yebi, Y. 2010. Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. Vol. 2 No. 1.

Sukardi.2004. Metodologi Pengabdian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.