UKS REBORN: MENUJU SEKOLAH SEHAT, GENERASI BANGSA SEHAT

(1) * Yuyun Tafwidhah Mail (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
(2) Ikbal Fradianto Mail (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
(3) Mita Mita Mail (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) telah lama menjadi program penting dalam mewujudkan generasi sehat di Indonesia. UKS hadir untuk mendukung terwujudnya proses belajar mengajar yang optimal. Hal ini tidak hanya memastikan bahwa aspek kesehatan fisik dan mental siswa terjaga, tetapi juga mendukung pembentukan karakter peserta didik sebagai bagian dari penanaman nilai-nilai profil pelajar Pancasila. Meskipun telah lama dicanangkan, pelaksanaan UKS masih dihadapkan pada berbagai permasalahan baik dari faktor internal maupun eksternal. Akibatnya, kegiatan trias UKS tidak dapat dilakukan dengan optimal. Sebagai upaya untuk memperkuat dan meningkatkan efektivitas program UKS, diperlukan revitalisasi UKS dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Metode yang digunakan yaitu brainstorming dan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan ketua yayasan, kepala sekolah, guru, komite dan siswa. Hasil yang diperoleh yaitu terbentuknya struktur organisasi UKS dan rencana tindak lanjut dalam pelaksanaan UKS. Simpulan yang dapat diambil yaitu pentingnya manajemen UKS sebagai langkah awal dan kunci utama dalam mewujudkan sekolah sehat. Diharapkan revitalisasi UKS dapat memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan mendukung perkembangan potensi peserta didik dengan karakter yang mulia.


Keywords


UKS management, revitalization, school health programs

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v7i7.2570-2576
      

Article metrics

Abstract views : 185 | PDF views : 45

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Aisyah, J. N., Wahyuni, R., Aziz, A., & Hidayat, R. (2024). Manajemen Layanan Khusus Unit Kesehatan Sekolah Di SMK Negeri 5 Jember. 2(1).

Ayundi, R. B. M. (2024). Penerapan dimensi profil pelajar Pancasila melalui ekstrakurikuler PMR sebagai upaya mewujudkan karakter peduli sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(2), 25–34.

Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Tata Kelola UKS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ervina, Tahli, T., & Mulyadi. (2019). Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Puskesmas. Jurnal Ilmu Keperawatan, 6(2), 11–21.

Gibson, L., Clinton-McHarg, T., Wilczynska, M., Latter, J., Bartlem, K., Henderson, C., Wiggers, J., Wilson, A., Searles, A., & Bowman, J. (2021). Preventive care practices to address health behaviours among people living with mental health conditions: A survey of Community Managed Organisations. Preventive Medicine Reports, 23(July), 101495. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2021.101495

Gouge, D. H., Lame, M. L., Stock, T. W., Rose, L. F., Hurley, J. A., Lerman, D. L., Nair, S., Nelson, M. A., Gangloff-Kaufmann, J., McSherry, L., Connett, J. F., Graham, L., & Green, T. A. (2023). Improving Environmental Health in Schools. Current Problems in Pediatric and Adolescent Health Care, 53(4), 101407. https://doi.org/10.1016/j.cppeds.2023.101407

Hasbi, M. (2017). Strategi Kolaborasi Antara Murid Dan Guru (Kamu) Dalam Keperawatan Komunitas Untuk Meningkatkan Phbs Pada Aggregateanak Usia Sekolah. Jurnal Kesehatan Prima, 11(1), 01–10.

Kemendikbud RI. (2012). Pedoman Pelaksanaan UKS di Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pueyo-Garrigues, M., Agüera, Z., Andrés, A., Lluch-Canut, M. T., Tricas-Sauras, S., Duaso, M. J., Feliu, A., Pardavila-Belio, M. I., Antón, L., Cornejo-Ovalle, M., Puig-Llobet, M., Moreno-Arroyo, C., Barroso, T., Roca, J., & Martínez, C. (2023). Knowledge, attitudes, behavioral and organizational factors of health professions students for a competent smoking cessation practice: An instrument adaptation and psychometric validation study in Spanish and English samples. Nurse Education in Practice, 70(January), 0–2. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2023.103647

Putri, C. A. O., Putera, R. E., & Yoserizal. (2023). Manajemen Program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Oleh Pemerintah Kota Payakumbuh Dalam Mewujudkan Kota Sehat. JIEE: Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 3(1), 22–29. https://journal.unespadang.ac.id/JIEE/article/view/112/111

Ristanto, R., & Murtadho, M. A. (2023). Revitalisasi Uks Dalam Mendukung Pelayanan Kesehatan Di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal EMPATI (Edukasi Masyarakat, Pengabdian Dan Bakti), 4(1), 1. http://ejournal.unimugo.ac.id/EMPATI/article/view/1039

Saadudin, I. (2023). Manajemen Usaha Kesehatan Sekolah Dalam Meningkatkan Perilaku Sehat Siswa. WALI PIKIR : Journal of Education, 1(1), 87–98. https://doi.org/10.62555/wp.v1i2.0020

Tria Vilian, M., & Minsih. (2021). Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Sehat Nasional Di Sd Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 152–161. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.419


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.