
(2) A. Muammar Alawi

*corresponding author
AbstractKomunitas Masyarakat Samin merupakan kelompok yang menganut ajaran Samin dan bertempat tinggal di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro. Samin sendiri merupakan salah satu ajaran peninggalan pejuang kemerdekaan yang menentang kolonial Belanda pada zaman penjajahan. Desa Margomulyo atau Kampung Samin ini dapat menjadi salah satu desa wisata berbasis sejarah yang dapat dikelola dan dikembangkan dengan potensi yang ada. Pengelolaan akan desa tersebut sebetulnya sudah dilakukan dengan turut andilnya Pokdarwis. Akan tetapi pengelolaan desa melalui Pokdarwis tersebut tidak efektif dalam pelaksanaannya, hal tersebut dikarenakan minimnya waktu yang dapat diluangkan oleh perangkat Pokdarwis dalam mengelola dan mengembangkan Kampung Samin. Oleh karena itu, pemasaran secara digital merupakan pilihan yang tepat sebagai salah satu bentuk pengelolaan dari Komunitas Masyarakat Samin dengan menggunakan media sosial, yang salah satunya adalah Youtube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik observasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaksimalkan pengelolaan Kampung Samin melalui digital marketing. KeywordsDesa Wisata, Media Sosial, Pemasaran Digital
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2136-2144 |
Article metricsAbstract views : 200 | PDF views : 49 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Haryono, G., & Albertis, A. (2022). Peranan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Melalui Pemanfaatan E-Tourism Marketing untuk Meningkatkan Niat Berkunjung Wisatawan. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 136-143.
Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18-29.
Kemdikbud. (2019). “Ajaran Samin Surosentiko Bojonegoroâ€.
Winarso. B. (2021). “Kilas Balik Sejarah Youtube Sebelum Jadi Platform Terbesar di Duniaâ€.
Kemp, S. (2024). “Digital 2024: Indonesiaâ€.
Hestiana, S., & Siwiyanti, L. (2023). PENYULUHAN DIGITAL MARKETING DI DESA TUGUBANDUNG KABUPATEN SUKABUMI. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(9), 3234-3242.
Diwanti, D. P., & Susilawati, D. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA KARANGTENGAH MELALUI MEDIA SOSIAL DI KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(8), 2717-2722.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.