PELATIHAN KETERAMPILAN GURU DAN CALON GURU DALAM PENYUSUNAN LKPD BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISUE

Dwimei Ayudewandari Pranatami, Hafidha Asni Akmalia, Refi Mariska

Abstract


Tantangan dunia pendidikan menjadi semakin berat dengan memasuki abad ke 21 yang menuntut adanya peningkatan berbagai keterampilan individu sehingga menempatkan pendidikan menjadi kunci peningkatan tersebut. Penggunaan bahan ajar yang tepat dapat menunjang proses pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Soscioscientific issue (SSI) yang mengangkat topik tentang pro kontra atau konflik. Pengabdian ini bertujuan untuk melatih keterampilan guru melalui pendampingan penyusunan LKPD Berbasis SSI untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada siswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Pendekatan Participatory Action Research (PAR) dengan bentuk kegiatan yaitu Pelatihan/workshop, Focus Group Discussion (FGD) dan pendampingan penyusunan produk LKPD. Hasil pengabdian yaitu tersusunnya LKPD berbasis SSI. LKPD yang disusun di validasikan oleh ahli materi, media, SSI, dan soal bermuatan HOTS. LKPD yang dibuat para peserta layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan hasil validitas materi mencapai 85,97%, validitas Ahli SSI sebesar 100%, Validitas Ahli HOTS tingkat 77,28% dan validasi media 85,34%.


Keywords


LKPD, SSI, HOTS

Full Text:

PDF

References


Anagun, S.S dan Ozden, M. (2010). Teacher Candidates’ Perceptions Regarding SocioScientific Issues and Their Competencies in Using Socio-scientific Issues in Science and Technology Instruction. Procedia Soxial and Behavioral Sciences, Vol 9: 981-985.

Dwijayanti, N. 2021. Pembelajaran Berbasis HOTS sebagai Bekal Generasi Abad 21 di Masa Pandemi. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 9 Nomor 1.

Mutia, N.A.R., Fitri, R., Selaras, G.H., dan Ristiono. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bernuansa Pendekatan Kontekstual tentang Materi Sistem Koordinasi untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Atrium Pendidikan Biologi, Volume 5 Nomor 1.

Nuryasana,E., dan Desiningrum, N. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, Volume 1 No 5.

Owens D.C., Sadler T.D., and Friedrichsen

P. 2019. Teaching practices for enactment of socio-scientific issues instruction: An instrumental case study of an experienced biology teacher. Research in Science Education.

Sadler T., Foulk J.A., and Friedrichsen P. 2017. Evolution of a model for socio-scientific issue teaching and learning. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology 5 (2): 75–87.

Santos, L. 2017. The role of critical thinking in science education. Journal of Education and Practice, 8(20):159-173.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5174-5185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.