(2) Maemunah Maemunah
(3) Rahmat Nur
*corresponding author
AbstractSalah satu visi misi dari yang bgtu penting dari instansi Pendidikan adalah hadirnya Profil Pancasila. Tujuan Pengabdian kepada masyarakat adalah untuk menggambarkan nilai-nilai profil pelajar pancasila melalui rangkaian kegiatan pelajar Pancasila pada siswa sekolah penggerak. Metode dan model pengabdian kepada masyarakat masyarakat ini menggunakan pelatihan dengan sasaran kegiatan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Makassar yang berjumlah 20 Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), dengan desain pelatihan menggunakan metode ceramah dengan bahasa isyarat dan praktek langsung kepada siswa untuk memahami nilai-nilai karakter pada profil pelajar Pancasila. Kegiatan ini menunjukkan betapa antusiasnya Anak-Anak Berkebutuhan Khusus dalam mengikuti praktek. Hasil pengabdian  ini akan memberikan pemahaman terkait nilai-nilai profil pelajar Pancasila yang diberikan melalui kegiatan Kerjasama atau gotong royong, kegiatan literasi dan numerasi, pesantren dan pemndampingan pengetahuan agama, upacara dan pengenalan  budaya sekolah. Kelemahan dari pelatihan ini adalah peserta kurang puas karena waktu yang cukup singkat, sehingga kegiatan ini ditindaklanjuti oleh wali kelas dan guru-guru di sekolah. KeywordsProfil Pelajar Pancasila, Sekolah Penggerak.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v6i4.1283-1290 |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Anam, M. K. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Agama Islam di SMKN I Singosari. Turatsuna, 03(02), 1–9.
Bastari, K. (2021). Belajar Mandiri dan Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik, Antara Tuntutan Dan Tantangan. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1). https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.430
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 257–265.
Kurniawaty, I., & Faiz, A. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3139/pdf
Kusnoto, Y. (2017). Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247–256.
Lickona, T. (1992). Educating For Character How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York-Toronto-London-Sydney-Auckland: Bantam Books.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar
Nur, R. (2021). Pelatihan Kepemimpinan Kelompok Suporter Bola Perempuan Bart Girl Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Madiya (Masyarakat Mandiri Berkarya), 2(2), 56-61.Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727
Rofisian, N. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1, 19–25.
Shapiya, R., Hidayat, Y., & Apriati, Y. (2022). Motivasi Pelaksanaan Ibadah Umrah Di Kelurahan Marabahan Kota Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan. Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Pendidikan Sosiologi, 2(1).
Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,†November, 39–49.
Hidayat, Y., Nur, R., & Ashari, P. P. (2022). Pkm Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat Di Desa Tajau Mulya Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Martabe:JurnalPengabdian Kepada Masyarakat, 5(9), 3183-3190.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.






Download