PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BERBASIS WORDWALL PADA TEMA SIAGA BENCANA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arum, N.E., Sjaifuddin, S., & Taufik, A. N., Pengembangan Instrumen
Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Berbasis Quizizz pada Pembelajaran IPA Daring Tema Hipertensi untuk SMP Kelas VIII, EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 7(2), 270-279, 2022.
Asiani, A., Sjaifuddin, S., & Biru, L.T., Analisis Komponen Sikap Ilmiah Siswa Dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kelas VII Pada Tema Panas Di Bumiku, PENDIPA Journal of Science Education 6(1), 113-119, 2022.
Cahyono, A. E., “Evaluasi Pelaksanaan Authentic Assessment Berdasarkan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Islam Al-Hidayah Jemberâ€, EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, vol. 5, no. 1, 2017.
Fanani, M. Z., “Strategi Pengembangan Soal HOTS Pada Kurikulum 2013â€, Edudeena, vol. 2, no. 1, pp. 57–76, 2018.
Heru, Mohamad & Suparno, “The Development of Reasoned Multiple Choice Test in Interactive Physics Mobile Learning Media (PMLM) of Work and Energy Material to Measure High School Students’ HOTSâ€, Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, vol. 9, no. 2, pp. 141-150, 2019.
Izzania, R. D. S. M., Winarni, E. W., & Agusdianita, N., “Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Pada Materi Siaga Bencana Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD Negeri Kota Bengkuluâ€, Jurnal Riset Pendidikan Dasar, vol. 3, no. 3, pp. 381–390, 2020.
Kadarwati, A., “Peningkatan Kompetensi Calon Pendidik SD Dalam Pengembangan Tes Hasil Belajarâ€, Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 76, 2017.
Lestari, S.M., Sjaifuddin, S., & Resti, V.D.A., Pengembangan Instrumen Soal Lomba Cerdas Cermat IPA SMP Berbasis ICT (Information and Communication Technology) dengan Aplikasi Quizizz, PENDIPA Journal of Science Education, 6 (2), 531-540, 2022.
Pusat Kurikulum, "Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs)â€, Balitbang Depdiknas, 2007.
Rizkia, A.D., Sjaifuddin, S., & Suryani, D.I., Development of problem-solving based test instruments to foster the students creative thinking skills on environmental conservation, Jurnal Pijar Mipa 17 (4), 447-454, 2022.
Septiani, A.D., Sjaifuddin, S., & Berlian, L., Pengembangan Instrumen Evaluasi Tes Two-Tier Multiple Choice Berbasis Literasi Sains Siswa Kelas VII Pada Tema Hujan Asam, BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 8(1), 167-174, 2022.
Sholekhah, F. M., Maharta, N., & Suana, W., “Development of Higher Thinking Instrument of Newton’s Laws of Motionâ€, Journal of Physics and Science Learning, vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2018.
Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)â€, Bandung: Alfabeta, 2016.
Susiatin, “Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kisi-Kisi Soal Dengan Metode Pendampingan Pola “OCF†di SDN Yanti Jogoroto.â€, Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 17–24, 2019.
Trieb, C. A., “Application Of Learning Technologies To Promote Holistic Thinking And Consensus Building In Global Studiesâ€, International Journal of Information and Learning Technology, vol. 33, no. 5, pp. 300–314, 2016.
Utami, T.P., Sjaifuddin, S., & Berlian, L., Pengembangan Soal Uraian Berbasis Indikator Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP/Mts, PENDIPA Journal of Science Education 6(1), 128-134, 2022.
Widana, I Wayan, “Higher Order Thinking Skills Assessment (HOTS)â€, JISAE, vol. 3, no. 1, pp. 32-44, 2017.
Widana, I. Wayan, “Modul Penyusunan Soal HOTSâ€, Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Winarni, D. S., Naimah, J., & Widiyawati, Y., “Pengembangan Game Edukasi Science Adventure Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswaâ€, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 7, no. 2, pp. 91–100, 2020.
DOI: https://doi.org/10.31604/eksakta.v8i1.15-23
Refbacks
- There are currently no refbacks.