PENGEMBANGANxVIDEOxPEMBELAJARAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA TEMA AIRKU TERCEMAR

Alfia Eka Saputri, Lukman Nulhakim, Vica Dian Aprelia Resti

Abstract


Berdasarkan analisis masalah pada latar belakang dibuatlah produk video pembelajaran tema airku tercemar sebagai salah satu solusi alternatif untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan mendeskripsikan tingkat efisien video pembelajaran untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada tema airku tercemar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model 4D dari Thiagarajan (1974) melalui modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dengan dibatasi pada tahap dari tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design) sampai  Pengembangan (Development). Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli untuk uji kevalidan, yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli praktisi serta angket respon siswa untuk mengukur tingkat efisien produk yang dikembangkan. Hasil validasi berdasarkan validasi materi memperoleh nilai persentase sebesar 97,77% dengan kategori “Sangat Valid’, validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 90% dengan kategori “Sangat Valid†dan validasi ahli praktisi memperoleh nilai sebesar 86,9% dengan kategori “Sangat Validâ€. Hasil tingkat efisien produk video pembelajaran didapatkan dari hasil respon siswa, mendapatkan nilai persentase sebesar 83,1% dengan kategori “ Sangat Efisien “.  Berdasarkan penilaian tersebut produk video pembelajaran sangat efisien dalam memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMP.


Keywords


video pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, airku tercemar

Full Text:

PDF

References


Hasan, Muhammad, dkk. 2021. Media Pembelajaran. Tahta Media Grup: Jawa Tengah

Hasanah, Umrotul, Lukman Nulhakim 2015, ‘Pengembangan media pembelajaran film sebagai media pembelajaran konsep fotosintesis’, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, vol. 1, no. 1, hlm. 91-106

Khoirunnisa, A, Lukman Nulhakim, Syachruroji, A 2020, ‘Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Perpindahan Kalor Pelajaran IPA’, Profesi Pendidikan Dasar, vol.7, No. 1, hlm.25-36

Maulidah, S, Nulhakim, L, Hendra Cipta, N 2021, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Menggunakan Powtoon, Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 6, no. 7, hlm. 3564

Mufidah, I, Lukman Nulhakim, Alamsyah, T 2020, ‘Development of Learning Media for Video Audio-Visual Stop Motion Based on Contextual Teaching and Learning in Science Learning Water Cycle Material’, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol. 4, no. 3, hlm. 449

Permendikbud nomor 69 tahun 2013. Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia

Piaget, Jean. 1989. Antara Tindakan Pikiran. Jakarta : Gramedia

Purwanto, E. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Septianty, R. D. P., N. Maharta, dan W. Suana 2018, ‘Pengembangan Video Tutorial Latihan Berpikir Kritis Pada Materi Kelistrikan’, Journal of Physics and Science Learning, vol. 2, no.1, hlm. 59-68

Shoimin. A. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Sudijono. A. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryani, L, Hodijah, N, & Taufik, N, A 2022, ‘Pengembangan E-modul IPA Berbasis Science Process Skills dengan Tema Transportasi si-Hijau untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Sains Siswa SMP Kelas VIII’, Journal of science Education, Vol. 6, No.2, hal. 322-330

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara: Jakarta

Wulandari, Y, Ruhiat, Y, Lukman Nulhakim 2020, ‘Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), vol. 8, no. 2, hlm. 269-279




DOI: https://doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.320-326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.