PENGEMBANGAN MEDIA CHEM-US PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

Nita Febriyanti, Eny Enawaty, Rody Putra Sartika, Rahmat Rasmawan, Ira Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Chem-US yang layak dan mengetahui respon peserta didik terhadap media Chem-US. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Teknik yang digunakan menggunakan teknik pengukuran dan komunikasi tidak langsung. Kelayakan media Chem-Us ditinjau dari 3 aspek yaitu aspek soal, media, dan bahasa. Dari hasil uji kelayakan pada aspek media, soal, dan bahasa diperoleh kriteria sangat layak dengan persentase masing-masing sebesar 96,25%, 95,84%, dan 93,75%. Media Chem-Us memperoleh respon sangat baik dari responden kelompok kecil dan besar dengan persentase masing-masing sebesar 86,72% dan 86,38 %. Dengan demikian produk yang dikembangkan dari penelitian ini memiliki potensi untuk diterapkan sebagai media pembelajaran pada materi sistem periodik unsur.


Keywords


ADDIE, Kelayakan, Uno Stacko, Media, Kimia

Full Text:

PDF

References


Aswan, D., Eny Enawaty, Ira Lestari, Hairida, & Erlina. (2021). Pengembangan Media KIT Konfigurasi Elektron untuk Peserta Didik di SMA. Jurnal Education and Development, 9(4), 101–109.

Damayanti, S. P., Eny Enawaty, & Masriani. (2021). Pengembangan Permainan Kartu Kuartet Materi Asam, Basa, dan Garam. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 169–179. https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1250

Fernanda, A., Eny Enawaty, & Rahmat Rasmawan. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Konfigurasi Elektron dengan Menggunakan KIT SELECTION (Smart Electron Configuration. JEP (Jurnal Eksakta Pendidikan), 4(2), 155–162. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/506

Hedberg, K. (2010). Authentic games in the classroom: An approach to teaching grammar to young learners.

Hendaryati, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Melalui Team Games Tournament Learning (Uno Stacko Challenge). PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.24127/pro.v7i1.2034

Hidayah, R., Suprianto, S., & Rahmawati, A. (2017). Permainan “Kimia Kotak Katik†Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Tadris Kimiya, 2(1), 91–96. https://doi.org/10.15575/jta.v2i1.1362

Hilal. (2020). Penggunaan media tiga dimensi pada pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Sistem Informasi dan Komputer, 1(1), 43–53.

Larasati, M., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan media pembelajaran USH (Uno Stacko Hitung). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v6i2.5679

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 1(12), 95–105.

Nusa Putra. (2015). Research & Development Penelitian dan Pengembangan. PT Raja Grafindo Pustaka.

Prasetya, D., Rahmat Rasmawan, & Lukman Hadi. (2021). Pengembangan Chemistry Quartet Card (Chemqurca) pada Materi Sistem Koloid di SMA Negeri 8 Pontianak. Jurnal Education and Development, 9(2), 36–41.

Priatmoko, S., Saptorini, & H. Diniy. (2012). Penggunaan Media Sirkuit Cerdik Berbasis Chemo-Edutainment dalam Pembelajaran Larutan Asam Basa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 37–42.

Ramadhan, Y., Kartini Rahman Nisa, & Sunarwin. (2020). Analysis of Students Misconception Using Cetainly of Response Index (CRI) in The Periodic System of Elements Concept. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 5(2), 210–220.

Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.

Roziqin, M. (2017). Pengaruh Permainan Uno Stacko terhadap Peningkatan Fungsi Kognitif Lansia di Griya Santo Yosef Surabaya. Jurnal FKIP Universitas Mataram, 6.

Sangsoko, M. N., M. Suyanto, & Mei P. Kurniawan. (2020). Analisis kombinasi warna pada antarmuka website pemerintah Kabupaten Klaten. Jurnal Teknologi Technoscientia, 12(2), 125–133.

Siskawati. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 72–80.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujarwo, S., & Rina Oktaviana. (2017). Pengaruh warna terhadap short term memory pada siswa kelas VIII SMP N 37 Palembang. Jurnal Psikologi Islami, 3(1), 33–42.

Susanto, H., & Helmi Akmal. (2019). Media pembelajaran sejarah era teknologi informasi. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Vinanda, A. M. S., Eny Enawaty, & Husna Amalya Melati. (2022). Pengembangan Media Uno Stacko Chemistry pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Education and Development, 10(1), 51–59.

Yogananti, A. F. (2015). Pengaruh psikologi kombinasi warna dalam website. Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Multimedia, 1(1), 45–54.




DOI: https://doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.221-231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.