EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL FISIKA SEBAGAI BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul fisika berbasis problem based learning (PBL) terhadap kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu mixed methode (penelitian campuran atau kombinasi) dengan metode yaitu one group pre-test post-test design. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA MA Muslimat NU Palangka Raya yang berjumlah 35 orang. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan memberikan angket pre-test dan post-test serta wawancara kepada siswa. Data pre-test merupakan data awal sebelum diberikan perlakuan yaitu penggunaan e-modul fisika berbasis PBL sedangkan data post-test merupakan data akhir sesudah diberikan perlakuan yaitu pengguaan e-modul fisika berbasis PBL. Data yang didapatkan tersebut kemudian dilakukan tahap uji effect size. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil rata-rata data pre-test kemandirian belajar siswa yaitu 59,61 sedangkan hasil rata-rata post-test kemandirian belajar siswa yaitu 79,43. Adapun hasil analisis uji effect size yang diperoleh yaitu sebesar 4,008 dengan kategori efek tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiani, N. (2016). Pengaruh Kemampan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JPKM, 01.
Andani, T., Zulfa, I. M., Yuliani, H., Azizah, N., & Jennah, R. (2022). Analisis Validasi Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip PDF Professional Pada Materi Gelombang Bunyi di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(3), 213-220.
Creswell, J. (2015). Riset dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diani, R., Yuberti, & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 05(2), 265-275.
Fausih, T. N., & Herliawan, Y. A. (2015). Pengembangan Media E-modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan "Instalasi Jaringan LAN (Lokal Are Network) untuk SMA Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMKN 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-9.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarno, U. (2018). Hard Skill's dan Soft Skills Metematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Hermawan, I. (2019). Teknik Menulis Karya Ilmiah Berbasis Aplikasi dan Metodologi. Kuningan: Hidayatul Qur'an.
Kamal, S. (2015). Impelemtasi Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika. Match Diactic : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Karimah, S. A., & Churiyah, M. (2021). Meningkatkan Kemandirian Belajar siswa dan Hasil Belajar Peserta didik Menggunakan e-moduk Kvisof Flipbook Maker Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Matematika, 1.
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2).
Linda, R., Zulfarina, Mas'ud, & Putra, T. P. (2021). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Teradu Tipe Connected Pada Materi Energi SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 191-200.
Mayanti, S., & Astra, I. M. (2020). Efektivitas Penerpan E-modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa di SMA. Navigation Physics, 2(2), 98-105.
Mulyasari, P. J., & Sholikhah, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dala Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2220-2236.
Nisa, H. A., Mujib, & Putra, R. W. (2020). Efektivitas E-modul dengan Flip PDF Professional Berbantu Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 13-25.
Nugroho, A. A., Dwijayanti, L., & Atmoko, P. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan dan Lingkungan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Meta Analisis. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Matematika, 9(1), 147-157.
Pazlina, N., & Usmeldi. (2020). Pengembangan E-Modul Dasar-Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Probel Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 01(01).
Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMPA. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovasi, 4(4), 789-798.
Rahmadhani, S., Efronia, Y., & Tasrif, E. (2021). Penggunaan E-Modul di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. JAVIT (Jurnal Vikasi Insformatika), 01(01), 5-9.
Ramadyanty, m., Sutarno, & Ridianto, E. (2021). Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Multiple Representation Untuk Melatikan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17-24.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).
Rifandi, A. (2013). Mutu Pembelajaran dan Kompetensi Lulusan Diploma III Politeknik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1).
Salmah, A., Relita, D. T., & Suriyanti, Y. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMAN 01 Belimbing. JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1).
Santoso, A. (2010). studi Deskriptif Effect Size Penelitian-Penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian, 1-17.
Satriawati, H. (2015). Pengembangan E-modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta, 6(3), 188-196.
Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidik Indonesia, 2(2).
Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. INFINITY, 2(2), 144-155.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitaif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, Z. A., & Yarimadesi. (2021). Parktikalasi E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery untuk Siswa Menengah Atas. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 680-688.
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian deskriptif Kualitatif dalam Bimbingan dan Konseling. QUNTA, 2(2).
Yusuf, M. (2017). Metide Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan Edisi Pertama. Jakarta: KENCANA.
DOI: https://doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.201-208
Refbacks
- There are currently no refbacks.