ANALISIS KESULITAN BELAJAR KIMIA ORGANIK MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SIMALUNGUN
Abstract
Kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah kimia organik dipengaruhi oleh beberapa aspek baik internal maupun eksternal. Aspek internal yang lakukan adalah minat dan motivasi, kesiapan dan perhatian, sementara aspek eksternal adalah lingkungan keluarga, lingkungan kampus, lingkungan masyarakat dan aspek alokasi waktu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan mengannalisis berdasarkan hasil tes dan angket kesulitan belajar. Populasi sebanyak 115 orang dan sampel sebanyak 30 orang yang merupakan mahasiswa program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Simalungun. Hasil penelitian menunjukkan aspek pada faktor internal tergolong lemah, berarti tidak berpengaruh terhadap kesulitan belajar mahasiswa. Untuk faktor eksternal yang tergolong kuat atau berpengaruh terhadap kesulitan belajar mahasiswa adalah aspek alokasi waktu, dimana mahasiswa membutuhkan waktu lebih banyak dari biasanya untuk memahami materi pada mata kuliah kimia organik.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.181-189
Refbacks
- There are currently no refbacks.