PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS X SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN

Jumaita Nopriani Lubis, Samsidar Samsidar, Herman Pelangi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan; 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan; 3) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran berbasis masalah di kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 105 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling terpilih dua kelas yaitu kelas X Mia 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas  X Mia 2 sebagai kelas eksperimen II. Data yang diperoleh dari posttest dengan 4 butir soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan dan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tergolong tinggi dilihat dari nilai rata-rata hasil posttes yaitu 75,24. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalh tergolong sedang dilihat dari nilai rata-rata hasil posttes yaitu 65,00. 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran berbasis masalah di kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t, diperoleh nilai thitung  ttabel atau 2,227   2,021.


Full Text:

PDF

References


Maryati, Iyam. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal “Mosharafaâ€, Vol.7, No.1

Mariam, Shinta, dkk. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 1.

Moh. Wahyu Kurniawan dan Wuri Wuryandani. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Civics, Vol. 14, No.1.

Schettino, C. 2016. A Framework for Problem-Based Learning: Teaching Mathematics with a Relational ProblemBased Pedagogy. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 10(2), 42–67. http://doi.org/10.7771/1541-5015.1602.

Sujarweni, V.Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Baru Press.

Sumartini, T.S. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Mosharafa, ISSN 2086 4280, Volume 5, No. 2.

Sumaryanta. 2015. Pedoman Penskoran. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education. ISSN 2407-7925. Vol. 2 No.3.

Slavin, R. E. 2015. Educational Psychology: Theory, Research, and Practise. Fifth Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon Publishers.

Syuhada, Ulfah. 2016. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD dan NHT. Jurnal Mathematic Paedagogic, Vol.1, No.1.

Yudho Ramafrizal Suryana dan Teni Julia Somadi. 2018. Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. ISSN Online: 2549-2284 Vol. II No. 2.




DOI: https://doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.174–180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.