 (Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
 (Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)(2) Adilah Wirdhani Lubis
 (Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
 (Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)(3) Wildawani Siregar
 (Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
 (Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)*corresponding author
| AbstractPenelitian ini dilakukan pada situasi pandemi COVID-19 dimana peserta didik melakukan pembelajaran secara daring dirumah maka dibutuhkannya sebuah modul pembelajaran elektronik audio visual berbasis Problem Based Learning (PBL) yang didesaindan dapat dijadikan sebagai alat pendukung pembelajaran jarak jauh atau daring.penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik yang berbasis Problem Based Learning pada materi sifat koligatif larutan dengan melakukan penilaian modul elektronik dari ahli materi dan ahli media dan juga melihat respon siswa pada e-modul, dengan melakukan penyebaran angket kepada dosen yang mengampu mata kuliah kimia dan guru mata pelajaran kimia khususnya materi sifat koligatif larutan.Uji kelayakan dengan masing-masing aspek, aspek materi sebesar 96,2% dengan kategori “sangat layak†dan pada aspek media sebesar 92,2% dengan kategori “sangat layakâ€.dan hasil rata-rata respon siswa 85%. Hal ini menunjukkan bahwa modul elektronik yang berbasis Problem Based Learning (PBL) secara keseluruhan “sangat layak†digunakan sebagai media pembelajaran KeywordsModul Elektronik; Problem Based Learning; Sifat Koligatif; Kelayakan Modul | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/eksakta.v7i1.105-111 | Article metrics10.31604/eksakta.v7i1.105-111 Abstract views : 1840 | PDF views : 626 | Cite | Full Text Download | 
References
Anwar, Ilham. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung.
Cecep Kustandi, Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital.Bogor: Ghalia Indonesia
Dewi, Nurul Hasanah Uswati. "Corporate governance in the effort of increasing the company’s Value." Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura 15.2 (2012): 331-342.
Gilbert, T. R., Kirss, R. V, Foster, N., Bretz, S. L., & Davies, G. (2018). Chemistry:The Science in Context. (E. Fahlgren, Ed.) (Fifth Ed). Newyork: W.W Norton & Company. https://doi.org/LCCN 2016048998
Harefa, N., & surianti, R.D. (2019) Science generic skills of “chemistry� prospective teachers: A study on physics: conference series, 1397 (1). https:/ / doi.orang/10.1088/1742-6596/1397/1/012032.
Kemendikbud. 2013. Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang implementasi kurikulum pedoman umum pembelajaran. Jakarta: kementerian pendidikan dan kebudayaan RI.
Putri, R.N (2020) Indonesia dalam menghadapi pendemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705-709.
Rusman. Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Sugianto, Dony, et al. "Modul virtual: Multimedia flipbook dasar teknik digital." Invotec 9.2 (2013).
Suryadie, D. "Pengembangan modul elektronik IPA terpadu tipe Shared untuk siswa kelas VIII SMP/MTS." (2014).
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Trihatmo, Aji., (2012). Penggunaan Model Problem Based Learning pada Materi Larutan Penyaangga dan hidrolisis, jurnal inovasi pendidikan kimia, Vol 1:7-13.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 
 
  
  
  
  
  Email this article
			Email this article 




