ANALISIS KESULTAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN

(1) * Wiwik Novitasari Mail (, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis penyebab kesulitan belajar matematika nak usia 5-6 tahun di TK IT Nurul Fikri  Padangsidimpuan. Penelitian yang akan dilakukan ini mengambil desain penelitian kualitatif deskriptif yang mempunyai hasil berupa deskripsi kata-kata dari hasil analisis data dengan data reduction, display, data analysis, dan conclution. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 20 siswa . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mempunyai kemampuan menghitung benda kongkrit ada 17 orang, sedangkan yang belum tuntas menghitung benda kongkrit ada 3 orang. siswa yang mempunyai kemampuan menghitung angka abstrak ada 12 orang, sedangkan yang belum tuntas menghitung angka abstrak ada 8 orang. siswa yang mempunyai kemampuan menulis angka dalam bentuk simbol dengan baik ada 11 orang, sedangkan yang belum tuntas menulis
angka dalam bentuk simbol dengan baik ada 9 orang. ketidakmampuan siswa dalam menuliskan angka dalam bentuk simbol sejalan dengan ketidakmampuan siswa dalam menghitung secara abstrak karena sama-sama berhubungan dengan simbol yang abstrak. Sesuai dengan tahap perkembangannya, anak dengan usia 5-6 tahun berada pada tahap perkembangan kognitif sensori motorik yang semua kemampuan
berpikirnya dikaitkan dengan benda nyata, bukan simbol.

Kata kunci: Kesulitan belajar matematika, Menghitung benda kongkrit



   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v1i1.%25p
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v1i1.%p Abstract views : 3494 | PDF views : 3821

   

Cite

   

Full Text

Download

Refbacks

  • There are currently no refbacks.