PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MAKHLUK HIDUP DI SDN 1 SUNGAI RANGIT JAYA

(1) * Lia Haryani Mail (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka, Indonesia)
(2) Dwi Ali Zaini Mail (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangkaraya, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media interaktif berbasis Canva dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 1 Sungai Rangit Jaya pada materi makhluk hidup. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 30 orang. Data hasil belajar diperoleh melalui tes yang diberikan setelah penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif berbasis Canva mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, dengan rata-rata nilai sebelum penggunaan media sebesar 58,2 dan setelah penggunaan media meningkat menjadi 83,6. Media ini juga meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif. Oleh karena itu, media interaktif berbasis Canva sangat direkomendasikan sebagai alternatif media pembelajaran di sekolah dasar untuk materi makhluk hidup.


Keywords


Media Interaktif, Canva, Hasil Belajar, Makhluk Hidup, Siswa SD, Pembelajaran Digital

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.146-151
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i2.146-151 Abstract views : 14 | PDF views : 2 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

Full Text

Download

References


Amalia, F. (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN IPAS MI PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM OPTIMALISASI PEMAHAMAN BUDAYA LOKAL PROBOLINGGO. JURNAL IKA : IKATAN ALUMNI PGSD UNARS, Vol. 15 No(Juni 2024). https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index

Arifin, B., Salim, A. N., Muzakki, A., Suwarsito, & Arifudin, O. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Aura Yolanda, Masnur Sihotang, Joner Alfin Zebua, Mita Hutasoit, & Yeni Lupitasari Sinaga. (2024). Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan , 2(3), 301–308. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.941

Boentolo, F., Manu, C.-C. C. R., Saragih, O. G., & Zalukhu, S. (2024). Peran Guru Memanfaatkan Ai Dalam Membangun Generasi Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48

Indriani, C. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 330–339. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.505

Khair, M., & Hidayati, N. A. (2025). Membangun Minat Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Strategi dan Metode Modul Ajar yang Kreatif.

Maulidina, N., Yuli, I., & Dewi, M. (2025). STRATEGI GURU MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA KELAS 4 SDN BANGSELOK 1. 2(2), 217–230.

Suryanto, E., Sumarwati, S., Anindyarini, A., & Hadiyah, H. (2024). Cerita Rakyat sebagai Sarana Berliterasi Kearifan Lokal: Pendekatan Ekologi Sastra. Indonesian Language Education and Literature, 9(2), 328. https://doi.org/10.24235/ileal.v9i2.14802

Waruwu, L., Zebua, A. M., Lase, F. K., & Harefa, O. (2024). Evaluasi Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di SMK: Tantangan, Peluang dan Solusi. Journal of Education Research, 5(3), 3790–3799. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1328

Yuheti, I., Supriatna, A., & Triyati, M. (2025). MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI IN. 3(1), 28–41.

Yusra, H., Putri Yulia, S., Rani Sofia, M., Alwi Azmi, N., & Ningsih, Y. (2025). Pemanfaatan Media Gambar dan Video sebagai Alat Bantu Pembelajaran di Kelas Rendah SD. Inklusi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Filsafat, Vol. 1, No(Januari-Juni 2025), 109–117.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.