
(2) Indriyani Friska Tinambunan

(3) Yunisyia Puji Astuti

(4) Aulia Eka Putri

(5) Kairuddin Kairuddin

*corresponding author
AbstractStudi ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas media pembelajaran trigonometri interaktif menggunakan PowerPoint, Trigonometry Pintar, dan Quizizz. Penelitian ini berfokus pada membantu siswa XI SMA memahami konsep trigonometri dengan lebih mudah, relevan, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE untuk penelitian dan pengembangan, yang mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa meskipun media pembelajaran meningkatkan keterlibatan siswa, pengalaman pembelajaran secara keseluruhan tidak optimal, dengan hanya 45% siswa yang mencapai kriteria minimum. Studi ini berkontribusi pada pengembangan media pembelajaran matematika yang inovatif dan efektif.
Keywordsmedia pembelajaran; roda pintar trigonometri; Quizizz; penelitian dan pengembangan (R&D)
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/eksakta.v10i1.86-94 |
Article metrics10.31604/eksakta.v10i1.86-94 Abstract views : 2 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586
Angelina, C., Siregar, J., Alfiyyah, S., Kusnadi, A., Jannah, M., & Wardani, S. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Berputar untuk Materi Trigonometri. Journal of Instructional Development Research, 2(2), 81–94. Vol 10 No 1 Tahun 2025 Hal 86–94
Apriadi, H. (2021). Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 173. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621
Daeng, S., Bahari, U., & Fadillah, S. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Diferensiasi Dalam Materi Perbandingan Trigonometri Di Kelas X Ma Mathla`Ul Anwar Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 5(2), 646–653.
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1929/%0Ahttp://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/e print/1929/3/BAB II SAENI.pdf
Gusmania, Y., Agustyaningrum, N., & Hasibuan, N. H. (2022). Pengembangan Modul Trigonometri Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa the. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 12(1), 11–26.
Halim, A., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 275 Jakarta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8333–8341.
Nurfadillah, S., Rofiqoh Azhar, C., Aini, D. N., Apriansyah, F., & Setiani, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Pinang 1. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 153–163. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Nurhayati, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kontekstual Melalui Metode Guided Discovery Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 31. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.31-44
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Nurwahid, M., & Ashar, S. (2023). Media Pembelajaran Panganmewah dan Jargon untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Trigonometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 221 234. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.2935
Rachmawati, A. D., Baiduri, B., & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 540. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3014
Uyun, Q. (2022). Pengembangan Media E-Book Audio Visual Menggunakan Flipbook Materi Trigonometri Kelas Xi Ipa Berbasis Hybrid Learning. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(1), 8–17. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i1.827
Veranita, P., & Setyadi, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran “Mathjong Trigonometri†pada Pembelajaran Matematika Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.746 5(3), 2846–2856.
Zulbryanti, A. C., Wahyudi, W., & Nurhidayah, D. A. (2022). Ropitri: Media Pembelajaran Matematika Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. EDU MAT: Jurnal Pendidikan https://doi.org/10.20527/edumat.v10i2.14160 Matematika, 10(2), 300.
Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586 EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA│92 Vol 10 No 1 Tahun 2025 Hal 86–94 EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA│93
Angelina, C., Siregar, J., Alfiyyah, S., Kusnadi, A., Jannah, M., & Wardani, S. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Berputar untuk Materi Trigonometri. Journal of Instructional Development Research, 2(2), 81–94.
Apriadi, H. (2021). Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 173. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621 Daeng, S., Bahari, U., & Fadillah, S. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Diferensiasi Dalam Materi Perbandingan Trigonometri Di Kelas X Ma Mathla`Ul Anwar Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 5(2), 646–653. http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1929/%0Ahttp://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/e print/1929/3/BAB II SAENI.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.