PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DALAM PERUBAHAN LINGKUNGAN

(1) * Aina Nirwana Mail (Universitas Islam Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
(2) Almira Amir Mail (Universitas Islam Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
(3) Wilda Rizkiyahnur Nasution Mail (Universitas Islam Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Latar belakang masalah penelitian yaitu di kelas X pada materi ekosistem dalam perubahan lingkungan di SMKN 1 Torgamba diperoleh fakta tentang pembelajaran yang masih cenderung berpusat pada guru. Sementara itu selama proses pembelajaran para siswa hanya berperan sebagai penerima informasi tanpa di rangsang untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam menggali lebih banyak informasi secara mandiri, sehingga keterampilan berpikir kritis siswa masih renda peneliti mengangkat permasalahan tersebut yaitu keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model concept attainment terhadap keterampilan berpikir kritis pada Materi Ekosistem dalam perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random Sampling. Sampel dalam penelitian ini, siswa kelas X sebagai kelas eksperimen dan kelas X sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 27 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan model concept attainment dan kelas kontrol diberi perlakuan tanpa penerapan model concept attaiment. Instrumen penelitian tes essay yang berjumlah 8 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen termasuk kategori baik dengan nilai sebesar 88,48% dan kelas kontrol dalam kategori cukup dengan nilai sebesar 57,81%. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis hasil posttest menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan software IBM SPSS versi 26 diperoleh signifikan sebesar (0,001) < α (0,05), sehingga memenuhi kriteria H0 ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan diterapkannya model pembelajaran concept attainment terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Ekosistem dalam perubahan lingkungan).


Keywords


Keterampilan Berpikir Kritis, Model Concept Attaiment, Ekosistem

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i1.78-85
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i1.78-85 Abstract views : 2 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Amir, A. (2019). “Pelnelrapan Meltodel Tultor Selbaya ulntulk Melningkatkan Keltelrampilan Belrpikir Kritis Siswa dalam Pelmbellajaran Matelmatika “ (Stuldi Kasuls di Kellas XI MIA-3 MAN Sipirok Tapanulli Sellatan). Logaritma: Julrnal Ilmul-Ilmul Pelndidikan Dan Sains 7 (1),41.

Bellla, C. P., Felbri, T. A., and Maria, M .M. (2022). “Hulbulngan antara Karaktelr Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswaâ€. Intelgrateld Scielncel Eldulcation Joulrnal 3 (2) 45–49.

Firmansyah., Delri., and Deldel. (2022). “Telknik Pelngambilan Sampel Ulmulm dalam Meltodologi Pelnellitian: Litelratulrel Relvielwâ€. Julrnal Ilmiah Pelndidikan Holistik (JIPH) 1 (2) 85–114.

Harelfa and Darmawan. (2023).“Elfelktivitas Modell Pelmbellajaran Talking Chips ulntulk melningkatkan hasil bellajarâ€, ) Ulnivelrsitas Nias Raya. 4, no. 1.

Nyoman, S. A. N. and Delwa. N. O, I., Handayai, G. A., and Wati, N. M. S. (2022) “Concelpt Attainmelnt ulntulk Melningkatkan Aktivitas dan Hasil Bellajar Biologi Siswa SMA Sulrya Wisata Keldiri.†Julrnal Eldulkasi Matelmatika Dan Sains 9 (2) 32–42.

Helrmith. M, (2019), “Telrhadap Keltelrampilan Melnullis Pulisi Barul Pada Siswa Kellas V Sdn Mangkang Weltan 02 Selmarangâ€. Pelndidikan, Julrulsan, Gulrul Selkolah, and Fakulltas Ilmul Pelndidikan.

Sulriani., Nidia., and Jailani, M. S. (2023), “Konselp Popullasi dan Sampling Selrta Pelmilihan Partisipan Ditinjaul.†Julrnal Pelndidikan Islam 1 (2) 24–36.

Syafi., Mulstika., Tri, R. Z. N., and Zulmaroh. (2022) “Implelmelntasi Modell Pelmbellajaran CTL (Contelxtulal Telaching and Lelarning) dalam Pelmbellajaran PKn Jelnjang Pelndidikan Dasar.†Julrnal Primary 3 (2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.