PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SOCIOSCIENTIFIC ISSUES TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

(1) * Silvia Ardina Siregar Mail (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
(2) Fery Kurniawan Mail (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
(3) Wilda Rizkiyahnur Nasution Mail (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
(4) Rumini Sukarwati Mail (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpua, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Leraning dengan pendekatan Socioscientific Issues terhadap literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan. Model pembelajaran yang belum melibatkan keaktifan siswa dalam belajar menyebabkan literasi sains siswa kurang berkembang. Selain itu materi pembelajaran yang belum menghubungkan masalah sosial atau isu sosial menjadikan materi kurang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperiment. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal essay berisi 15 soal yang valid dan reliabel. Hasil penelitian uji normalitas menggunakan rumus Saphiro Wilk dengan berbantuan aplikasi SPSS dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Lavene serta uji hipotesis menggunakan uji independent simple t-test. Dari hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar 3.670 dan ttabel sebesar 0.254 dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan uji t pada variabel terikat tersebut tidak lebih besar dari nilai alpha yaitu 0,05 sehingga H0 dan Ha diterima. Maka hal ini dinyatakan bahwa hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Socioscientific Issues berpengaruh terhadap literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan.

Keywords


Socioscientific Issues , Literasi Sains , Pencemaran Lingkungan

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i1.18-24
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i1.18-24 Abstract views : 3 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Aiman, U., Dantes, N., dan Suma, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah

terhadap Literasi Sains dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Citra Bakti Https://Doi.Org/10.5281/ZENODO.3551978.

Arikunto, S.,(2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua, Jakarta: Bumi Aksara.

Isnaini, A. N., & Rahayu, T. (2023). Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Socio Scientific

Issues (SSI) Terhadap Literasi Kesehatan Siswa. Jurnal Edukasi Biologi, 9 (2), 112

Https: // Doi. Org/ 10. 21831/ Edubio. V9i2. 19233

Isnawan, M. G., & Pd, M. (T.T.), (2020), Kuasi-Eksperimen, Nusa Tenggara Barat: Nashir Al

kutub Indonesia.

Laksono, R. K. S., & Wibowo, Y. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Socioscientific

Issues untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill. Jurnal Pendidikan Sains

Indonesia, 10(4), 752–765. Https: // Doi. Org/ 10. 24815/ Jpsi. V10i 4. 25719

Malik, A., & Chusni, M.M., (2018), Pengantar Statistika Pendidikan, Sleman: Deepublish.

Mukti, H., Suastra, I. W., & Aryana, I. B. P. (2022). Integrasi Etnosains dalam Pembelajaran

IPA. Jurnal Penelitian Guru Indonesia 7(2), 358-359. Doi: https: // doi. org / 10.29210/

jpgi 0005

Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka

Belajar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6 (2), 219.Https: // Doi. Org/ 10.

/ Jpd. V6i2. 5432

Rahman, A. Bp., Munandar, S. A., Fitriani, A., & Karlina, Y. (T. T.). (2022). Pengertian

Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan, Al Urwatul Wutsqa:

Kajian Pendidikan Islam 2 (1), 2-5. https : // journal. unismuh. ac. id/ index. php/

alurwatul

Rohmaya, N. (2022). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis

Socioscientific Issues (SSI). Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 107–117. Https: // Doi.

Org/ 10. 37630/ Jpm. V12i2. 553

Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022), Rendahnya Literasi Sains:

Faktor Penyebab dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9

(1), 153–166. Https: // Doi. Org/ 10. 38048/ Jipcb. V9i1. 580

Sutrisna, N. (2023). Pengaruh Buku Siswa Berbasis Inkuiri dan Literasi Sains Terhadap

Literasi Sains Siswa SMP Di Kota Sungai Penuh. Journal homepagen, 5 (3), 305-305.

http: // vomek. ppj. unp. ac. id.

Syafrilianto, (2022), Menjadi Guru Hebat Cakap Literasi, Cakap Numerasi, dan Berkarakter,

Sukabumi: CV. Haura Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.