
(2) Wiwien Maryuni

(3) Ai’ni Bil Ma’rifah

(4) Alimatun Fadhilatuts Naini

(5) Ananda Ayu Kurniawati

(6) Andhini Muthia Senja

(7) Andining Dewi Sekar Langit

*corresponding author
AbstractPenelitian ini didasari oleh kurangnya keaktifan belajar siswa kelas VIII D di SMP Negeri 21 Surabaya. Penerapan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dan penggunaan alat peraga dalam kegiatan praktikum diharapkan meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi untuk memperoleh data tingkat keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VIII D sebanyak 34 siswa. Hasil akhir penelitian terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa, dilihat dari persentase aktivitas awalnya 73% menjadi 87%. Ditarik kesimpulan bahwa penerapan pendekatan TaRL dan penggunaan alat peraga dalam praktikum efektif meningkatkan keaktifan belajar siswa.
KeywordsKeaktifan belajar, Teaching at the Right Level (TaRL), alat peraga, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.134-139 |
Article metrics10.31604/eksakta.v10i2.134-139 Abstract views : 10 | PDF views : 2 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Alawiyah, A., Sukron, J., & Firdaus, M. A. (2023). Penerapan Model PembelajaranKooperatif Times Games Tournament Untuk Meningkatkan KeaktifanBelajarSiswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal Of IslamicEducation, 4(1), 69–82.
Astuti, E. T., Lusiana, R., & Musta’in, M. (2024). Penerapan Pendekatan TeachingAtThe Right Level (Tarl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa PadaMataPelajaran Matematika Kelas X. Ptk: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 87–95.
Hapsoro, C. A., & Susanto, H. (2009). Penerapan Pembelajaran ProblemBasedLearning Instruction Berbantuan Alat Peraga Pada Materi CahayaDi Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2011).
Hardini, A. T. A., & Akmal, A. (2017). Penerapan Metode Snowball ThrowingBerbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IpaSiswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(1), 233–244.
Istiqomah, D. A., Supratiyoko, K., & Rusilowati, A. (2023). Pendekatan Tarl Melalui Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ixb Smp Negeri 7Semarang. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penelitian TindakanKelas Dan Publikasi Ilmiah, 277–283.
Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis KeaktifanBelajarSiswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan PendekatanStemPada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 SmaNegeri 2Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2, 71–77.
Mahardika, N. I., Muslimah, M., & Nurita, T. (2024). Implementasi Pbl Terintegrasi Tarl Dan Casel Untuk Meningkatkan Peran Aktif Dan Hasil Belajar SiswaPadaPembelajaran Ipa. Journal Of Science Education, 8(2), 114–120.
Murni, N. F. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa DalamProsesPembelajaran. Science, Engineering, Education, And Development Studies(Seeds): Conference Series, 5(1), 7–11.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724.
Riduwan. (2016). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal Of Educational Chemistry(Jec), 2(2), 40.
Rokhanah, N., Widowati, A., & Sutanto, E. H. (2021). Peningkatan KeaktifanBelajarSiswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student TeamAchievement Divisions (Stad). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3173 3180.
Suliani, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Alat PeragaDalamPembelajaran Matematika. Sjme (Supremum Journal Of MathematicsEducation), 4(1), 92–100.
Syafaah, D. S. N., Nugroho, A. A., & Nuruliarsih. (2024). Implementasi PendekatanTeaching At The Right Level (Tarl) Terhadap Hasil Belajar Bahasa IndonesiaKelas V. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 260–265.
Refbacks
- There are currently no refbacks.