PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII

(1) * Anggi Fadillah Nasution Mail (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
(2) Ahmad Nizar Rangkuti Mail (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
(3) Almira Amir Mail (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis kontekstual untuk meningkatkan keterampilan representasi matematis siswa, khususnya pada topik relasi dan fungsi. Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sumber belajar yang interaktif dan terintegrasi dengan teknologi yang sesuai dengan kesiapan siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dan dilakukan di Kelas VIII di MTsN 1 Tapanuli Selatan. Data dikumpulkan melalui tes, angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar tes keterampilan representasi matematis, dan angket respons pengguna untuk guru dan siswa. Validasi melibatkan ahli materi, media, bahasa, dan instrumen. Hasil penelitian menunjukkan e-modul sangat valid dengan skor 93,33% dan praktis dengan persentase respons pengguna sebesar 92,53%. Hasil uji N-Gain sebesar 40% menunjukkan keefektifan sedang. Uji T-Sampel Berpasangan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan representasi matematis siswa setelah menggunakan e-modul (t-hitung 21 > t-tabel 2,07). Temuan ini menegaskan bahwa e-modul berbasis kontekstual merupakan media yang efektif, valid, dan praktis untuk meningkatkan keterampilan representasi matematika dan mendukung kesiapan belajar siswa.

Keywords


Pengembangan E-modul, Berbasis Kontekstual, Sigil Software, Kemampuan Representasi Matematis.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.84-93
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i2.84-93 Abstract views : 11 | PDF views : 3

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Amieny, Eka Ayu, and Dani Firmansyah, ‘Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Dalam Pembelajaran Matematika’, MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8.1 (2021), pp. 133–42

Arlis, Rita Silviana, and Riyan Mahendra Saputra, ‘Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual’, Prosiding Seminar Nasional Penginderaan Jauh 2014, September, 2014, pp. 58–61

Karmila, Karmila, and Melisa Melisa, ‘Pengembangan E-Modul Menggunakan Sigil Software Berbasis Android Pada Materi Bunga Dan Anuitas’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7.3 (2023), pp. 2230–36, doi:10.31004/cendekia.v7i3.2094

Martin, Martin, Syamsuri Syamsuri, Heni Pujiastuti, and Aan Hendrayana, ‘Pengembangan E Modul Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Barisan Dan Deret Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP’, Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8.2 (2021), pp. 72–87, doi:10.31316/j.derivat.v8i2.1927

Minarni, Ani, E. Elvis Napitupulu, and Rahmad Husein, ‘Mathematical Understanding and Representation Ability of Public Junior High School in North Sumatra’, Journal on Mathematics Education, 7.1 (2016), pp. 43–56, doi:10.22342/jme.7.1.2816.43-56

Pirman, Nurmiati, ‘Pengembangan E-Modul Matematika Berbatuan Sigil Software Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Di SMP Negeri 5 Palopo’, 2022, pp. 1-076

Rahmadian, Novira, Mulyono, and Isnarto, ‘Kemampuan Representasi Matematis Dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI)’, PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2 (2019), pp. 287–92

Ramadanti, Fatma, Anwar Mutaqin, and Aan Hendrayana, ‘Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) Pada Materi Penyajian Data Untuk EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA│ 92 Vol 10 No 2 Tahun 2025 Hal 84–93 Siswa SMP’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5.3 (2021), pp. 2733–45, doi:10.31004/cendekia.v5i3.759

Rangkuti, Ahmad Nizar, Modul Metode Penelitian (Perdana Publishing, 2022)

Rokhmania, F T, and Dan R Kustijono, ‘SEMINAR NASIONAL FISIKA (SNF) 2017 Efektivitas Penggunaan E-Modul Berbasis Flipped Classroom Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis’, November, 2017, pp. 91–96

Sriyanti, A, Sri Wahyuni, Nur Khalisah Latuconsina, and Rahmasinar Amin, ‘Pengembangan E-Modul Berbantuan Software Sigil Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linear Peserta Didik Kelas XI’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6.1 (2022), pp. 300–313, doi:10.31004/cendekia.v6i1.1070

Welty, Gordon, ‘The “design†Phase of the ADDIE Model’, Journal of GXP Compliance, 11.4 (2007), p. 40


Refbacks

  • There are currently no refbacks.