PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DISKRIT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ICT

(1) * Almira Amir Mail (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dengan pengembangan bahan ajar matematika diskrit terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dengan menggunakan pendekatan project based learning. Perangkat pembelajaran matematika yang dipakai oleh mahasiswa belum menggunakan pendekatan project based learning. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validasi untuk pengembangan bahan ajar matematika diskrit, bagaimana pretaktikalitas untuk pengembangan bahan ajar matematika diskrit dan mendeskripsikan efektivitas untuk pengembangan bahan ajar. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengembangan dengan melakukan perencanaan perangkat pembelajaran berupa buku teks dan instrumen asesmen pada matakuliah matematika diskrit. Prosedur pengembangan ini menggunakan prosedur yang di adaptasi dari Bord dan Gall yang di bagi atas tahapan diantaranya pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan awal produk dan  uji produk dan revisis produk. Angket dan tes yang disebarkan pada mahasiswa menjadi instrumen pada penelitian ini. Sampel yang digunakan pada penelitian ini merupakan mahasiswa TMM-1 dan TMM-2 semester IV yang telah ditentukan. Validasi ahli dilakukan dengan dua tahapan dimana didapatkan nilai Skor pada penilaian tahap 1 yaitu 3,375 dengan nilai tersebut termasuk kedalam  kategori layak, dan tahap 2 diperoleh nilai dengan skor 4,33 dengan kategori nilai termasuk kedalam kategori sangat layak dan layak di uji coba. Hasil deskripsi persepsi mahasiswa terhadap bahan ajar  menunjukkan bahwa 40,17% mahasiswa dengan kategori cukup terhadap aspek tampilan gambar dan tulisan dan sisanya sekor untuk penyajian dengan kategori cukup baik. Hasil analisis yang dilakukan dan diuji coba diperoleh nilai sebesar 85,4 % dengan kategori sangat baik, dan diperoleh respon positif daari hasil analisis.  Uji efektivitas dinyatakan efektif, dikarenakan didapatkan nilai  Sig(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 dan dengan perilehan tersebut dapat disimpulkan bahwasanya pengambilan keputusan Ho ditolak dan Ha diterima teruji efektivitas terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS).

 


Keywords


Matematika Diskrit, Bahan Ajar, Project based learning, Berpikir Tingkat Tinggi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.53-59
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i2.53-59 Abstract views : 12 | PDF views : 2

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Amir, A. (2022). Implementation of Character Education in the Mathematics Learning Process. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 10(01), 49–66. doi: 10.24952/logaritma.v10i01.5214

Damayanthi, K. A. U., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Vokasi Menggunakan Linkfly Siswa Kelas X SMK. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 199–208. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/9935

Dewi, N. P. L. K. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN STEAM-PjBL PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI MUATAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Universitas Pendidikan Ganesha.

Hamdi, & Marjani, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik untuk meningkatkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Kelas XII MA Mu’allimat Nw Pancor.

Handayani, Y., Asia, E., & Hidayat, S. (2023). Peningkatan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) melalui Project-Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Tindakan Kelas, 4(1).

Maylita Hasyim. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Statistika Berbasis ICT Dengan Model Blended Project Based Learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 04, No. 02, pp. 1083-1097

Mubarok, H. (2023). Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional Studi Literatur Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Konteks Pedagogi Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional, 1(1), 1–7.

Mustika, M., & Temarwut, R. (2022). Membangun TPACK Guru IPS Melalui Moodle berbasis Blended Learning dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 313–323.

Nadila, A., Rahmi, Y. L., & Alberida, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Peserta Didik. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(2), 787-795. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.545

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. doi: 10.20527/edumat.v8i1.7078

Suhadi. (2007). Petunjuk Perangkat Pembelajaran. Surakarta : Universitas Muhammadiyah.

Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2020). Guru Menginovasi Bahan Ajar Sebagai Langkah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1), 65–72. doi: 10.24127/pro.v8i1.2868

Susilana, R. (2023). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sandiarta Sukses.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.