MODEL INQUIRY LEARNING: SOLUSI PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA

(1) * Yuni Rhamayanti Mail (Universitas Graha Nusantara, Indonesia)
(2) Adek Nilasari Harahap Mail (Universitas Graha Nusantara, Indonesia)
(3) Yulia Ainal Warda Hasibuan Mail (Universitas Graha Nusantara, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk menawarkan Model Inquiry Learning sebagai solusi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Latar belakang studi ini adalah rendahnya partisipasi belajar dan kesulitan signifikan yang dialami siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Ulu Barumun saat memahami konsep serta menyelesaikan soal matematika kompleks, khususnya soal cerita. Pendekatan yang diterapkan dalam riset ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus, yang setiap siklusnya mencakup tahap perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Hasilnya sangat mendukung, menunjukkan peningkatan berarti pada keterampilan pemecahan masalah matematis siswa: tingkat ketuntasan klasikal melonjak dari 71.4 % pada Siklus I menjadi 89.3% pada Siklus II. Tak hanya itu, aktivitas belajar siswa juga memperlihatkan kenaikan yang substansial, dari 73.55% menjadi 85.75%, dan kemampuan guru dalam memfasilitasi pembelajaran turut menguat, mencapai 92.5% dari 84.38% sebelumnya. Model Inquiry Learning telah terbukti efektif dalam membentuk pembelajaran yang interaktif, meningkatkan keterlibatan siswa, dan memperkuat keterampilan berpikir kritis mereka. Temuan ini memberikan prospek yang sangat baik untuk implementasi model ini di berbagai konteks pendidikan dan materi pelajaran lainnya di masa depan.


Keywords


Inquiry Learning, Pemecahan Masalah, Matematika, SMA

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.39-47
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i2.39-47 Abstract views : 11 | PDF views : 3

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data Kualitatif.

Ali, A., Kaigere, D., Apriyanto, A., Haryanti, T., & Rusli, T. S. (2024). Eksplorasi Sains Melalui Inquiry: Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran IPA. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C. K., & Razavieh, A. (2019). Introduction to Research in Education (9th ed.). Wadsworth.

Cockcroft, W. H., & others. (1982). Mathematics counts. HM Stationery Office London.

Damayanti, I. (2014). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA sekolah dasar. State University of Surabaya.

Eggen, P. D., & Kauchak, D. P. (2006). Strategies and models for teachers: Teaching content and thinking skills. (No Title).

Falahudin, I., Wigati, I., & Astuti, A. P. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran materi pengelolaan lingkungan di SMP Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 2(2).

Fitri, N. D., Santoso, E., & Jatisunda, M. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 155–165.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2019). How to Design and Evaluate Research in Education (10th ed.). McGraw-Hill.

Hamidah, N., Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2).

JUFRI, A. (n.d.).

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research (4th ed.). Springer.

Kriyantono. (2020). metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). In Metode Penelitian Pendidikan.

Mahmudi, M. A., Isnaini, I., Susaldi, S., Anggraini, P. L., Keban, Y. B., Putra, A. H., Effendi, E., Kobi, W., Rulanggi, R., Maryati, I., & others. (2024). Pembelajaran di Era Society 5.0. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(01).

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.

Mansur, M. (2019). EFektivitas Pembelajaran Matematika Kontekstual Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(2), 185–202.

Matondang, I. N., Rhamayanti, Y., & Nasution, P. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajatan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada SPLDV Di Ponpes Ai-Yisifiyag. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 390–392.

Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran kontekstual dan pembelajaran problem based learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66–77.

Nasution, M. W., Rhamayanti, Y., & Dewi, N. C. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas X SMK Negeri 1 Sibuhuan.

Polya, G. (2014). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.

Pramana, P. M. A., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Relevansi Teori Belajar Konstruktivisme dengan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 487–493.

Rohmani, A. H., Muyassarah, M., & Khalizah, S. N. (2024). MODEL & STRATEGI PEMBELAJARAN.

SARAGIH, Sahat; AFRIATI, Vira. (n.d.).

Si, N. S., & Rhamayanti, Y. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kotanopan. Jurnal LPPM, 10(1), 30–34.

Silva, E. Y., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2011). Pengembangan soal matematika model PISA pada konten uncertainty untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 5(1), 121685.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan (3rd ed.). Alfabeta.

Trianto, T. (2019). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana.

Trianto, T. (2020). Panduan Inovasi Pembelajaran di Kelas. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.