IMPLEMENTASI PERMAINAN JALAN LOMPAT GEOMETRI DALAM DI TK/MDA AL-FARUQ

(1) * Siti Aisyah Mail (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
(2) Fauziah Nasution Mail (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Sejauh mana permainan lompat geometri dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan penalaran matematika mereka? Itulah pertanyaan yang ingin dijawab oleh penelitian kami. Ada sembilan bentuk kecerdasan yang berbeda, salah satunya adalah kecerdasan logis-matematis. Sederhananya, kecerdasan logis-matematis memungkinkan anak-anak untuk menjawab masalah secara logis dengan menggabungkan keterampilan berhitung dengan kemampuan penalaran mereka. Lima belas siswa, yang terbagi rata antara laki-laki dan perempuan, dari kelas B TK/MDTA Al-FARUQ berpartisipasi dalam penelitian ini. Indikator seperti BB, MB, BSB, dan BSH digunakan sebagai referensi dalam evaluasi studi kualitatif ini. Gardner adalah orang pertama yang mengusulkan permainan geometri. Gamifikasi juga dapat membantu anak-anak mengidentifikasi bentuk geometris dua dan tiga dimensi. Metodologi peneliti, serta pendekatan membuat sketsa, mewarnai, dan teka-teki, tersedia bagi para pendidik. Permainan ini memiliki beberapa manfaat bagi perkembangan anak-anak, termasuk tetapi tidak terbatas pada peningkatan keterampilan geometri, memori, stabilitas, dan pemikiran kritis. Karena anak-anak belajar melalui permainan, masuk akal jika bermain merupakan sarana penting dalam pendidikan anak usia dini. Hal ini sejalan dengan perilaku anak-anak, yang meliputi mudah teralihkan perhatiannya karena kecenderungan mereka mengerjakan banyak tugas sekaligus, mudah merasa bosan, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ketika pelajaran membosankan dan tidak menarik, siswa menjadi bosan dan lupa apa yang mereka pelajari, tetapi ketika instruktur memasukkan permainan ke dalam kurikulum, siswa memiliki waktu yang lebih baik dan lebih terlibat. Permainan melompat, yang mudah dibuat, murah, dan dapat dimainkan di dalam dan luar ruangan, adalah alat permainan yang digunakan dalam penelitian ini. Nah, temuan penelitian menunjukkan bahwa permainan ini membantu banyak anak memahami bentuk-bentuk geometris, baik dalam hal mengidentifikasi dan mencocokkannya.

 


Keywords


Permainan, kecerdasan logis matematis, geometri

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.%25p
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i2.%p Abstract views : 8 | PDF views : 4

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Asmal, M. 2020. Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kesla VII SMPN 30 Makassar. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1).

Durotunadiroh. 2019. Pengaruh Penerapan Permainan Geometri Untuk Meningkatkan Kecerdasan Matematika Logis Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Hasanul Amin Talun Blitar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang.

Fitriyani, A.M, d.k.k. 2023. Analisis Kecerdasan Logis Matematis Dan Visual Spasial Dalam Menyelesaikan Soal Geometri. Jurnal Kongruen: 4(2). 173-177

Maryani, R, L.M & G. 2024. Efektivitas Permainan Jump Shape Untuk Mengenalkan Bentuk Geometri Pada Pembelajaran Kognitif Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education. 1(5). 108-118.

Nafi’ah, A. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Lompat Geometri Pada Kelompok B-3 Di Raudhatul Athfal Perwanida Rejoso Nganjuk. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.

Putri, A.A, d.k.k. 2023. Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini melalui Permainan Edukatif Papan Telur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini: 7

Sari, K.F & Lidia.O. 2022. Pengaruh Media Realia Terhadap Pemahaman Geometri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Potensia: 7(1). 11-22.

Siagian, R,A & N,M. 2016. Mengasah Kecerdasan Matematis Logis Anak Sejak Dini Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Matematika. GEMAIDU: 1(3)

Solichah, S, d.k.k. 2021. Mengenal Geometri Melalui Permainan Lompat Geometri di Kelompok Bermain Miftahul Hidayah Demak. Sentra Cendekia:2(1). 12-20.

Suhendri, Huri. 2011. Pengaruh Kecerdasan Matematis-logis Dan Kemandirian Belajar terhadap Hasill Belajar Matematika. Formatif: 1(1).

Wulandari. 2019. Pengaruh Bermain Balok Terhadp Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Ummi Erni Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.