PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MELALUI PENGGUNAAN LKPD PRAKTIKUM KIMIA DENGAN PENDEKATAN EKSPERIMEN MANDIRI PADA LAJU REAKSI

(1) * Eka Syahputra Mail (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
(2) Adilah Wirdhani Lubis Mail (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
(3) Dian Nirwana Harahap Mail (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan capaian belajar siswa SMA melalui penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam kegiatan praktikum kimia yang berfokus pada eksperimen mandiri, khususnya pada materi laju reaksi. Latar belakang penelitian ini berkaitan dengan rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia, yang disebabkan oleh dominasi metode pembelajaran tradisional serta kurangnya pelaksanaan praktikum di kelas. Studi ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Medan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan menggunakan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 36 siswa kelas XI yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian meliputi angket validasi LKPD, soal pretest dan posttest, serta angket keterampilan laboratorium dan minat belajar siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD dinyatakan layak digunakan dengan skor rata-rata untuk aspek materi sebesar 77,6%, aspek media 71,3%, dan aspek bahasa 63%. Rata-rata nilai pretest siswa sebesar 30,28 meningkat menjadi 71,11 pada posttest, dengan nilai N-Gain sebesar 0,56 yang termasuk kategori sedang. Peningkatan juga terlihat pada keterampilan laboratorium siswa yang mencapai skor 83,75% (kategori baik), serta minat belajar siswa sebesar 90,37% (kategori sangat tinggi). Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan LKPD berbasis eksperimen mandiri mampu meningkatkan pemahaman konsep kimia, sekaligus mengasah keterampilan praktikum dan menumbuhkan minat belajar siswa secara signifikan. Oleh karena itu, LKPD semacam ini berpotensi menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk memperkuat kualitas pengajaran kimia di tingkat SMA.


Keywords


LKPD, Eksperimen Mandiri, Laju Reaksi, Hasil Belajar, Keterampilan Laboratorium

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v10i2.14-26
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v10i2.14-26 Abstract views : 10 | PDF views : 2

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Anggraini, Y. P., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2022). Validitas dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Bagi Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2391–2404. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1462

Fitri, Z. N., Anwar, Y. A. S., & Purwoko, A. A. (2021). Pengaruh Metode Praktikum Sederhana pada Materi Kepolaran Senyawa Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMA. Chemistry Education Practice, 4(1), 90. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2287

Iswara, W. H., Muntari, M., & Rahmawati, R. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Narmada Selama Pandemi Covid-19. Chemistry Education Practice, 4(3), 242–249. https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2694

Malaihollo, S., Djangi, M. J., & Erniaty. (2023). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Dengan Metode Praktikum Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning. Global Journal Teaching Professional , 2(4), 882–891. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp

Rispandi, H., Trihapsari, E., Azizah, D. N., & Apriliana, H. (2025). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1).

Riswanto, & Dewi, N. A. K. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium Untuk Mewujudkan Pembelajaran Berkarakter. 4(2), 60–65.

Sa’diah, N., Suherman, A., & Septiyanto, R. F. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis CTL untuk Meningkatkan Sciences Process Skill pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(1), 84–93. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss1/672

Suryawati, E., & Osman, K. (2017). Contextual learning: Innovative approach towards the development of students’ scientific attitude and natural science performance. Eurasia Journal of mathematics, science and technology education, 14(1), 61-76.

Sudiana, I. K., Suja, I. W., & Mulyani, I. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 7–16.

Wahyudiati, D. (2016). Analisis efektivitas kegiatan praktikum sebagai upaya peningkatan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Tatsqif, 14(2), 143–168.

Wirahyuni, K., Anjani, A. H., & Wisudariani, N. M. R. (2021). Validitas Perangkat Pembelajaran Teks Puisi Berorientasi Pembelajaran E-Learning. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4743(1), 73–82. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/32614%0Ahttps://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/32614/pdf

Yakina, Y., Kurniati, T., & Fadhilah, R. (2017). Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas X di SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(2), 287–297.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.